Berita Muaraenim

Mayoritas Pencari Kerja di Muaraenim Didominasi Lulusan SMA Sederajat

Sebagian besar para pencari kerja tersebut lulusan SMA sederajat dimana dari total pembuatan kartu kuning 50 persen tamatan SMA.

Mayoritas Pencari Kerja di Muaraenim Didominasi Lulusan SMA Sederajat
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Edy Marhan Jaya, Sekretaris Disnakertras Muaraenim

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Para pencari Kerja di Kabupaten Muaraenim, mayoritas didominasi oleh tamatan  SMA.

Menurut Kepala Disnaker Drs M Ali Rachman melalui Sekretaris Dinas Edy Marhan Jaya, data yang dimiliki oleh disnaker untuk pencari kerja didasari dengan pembuatan kartu kuning di Disnaker maupun di kecamatan-kecamatan.

Sebagian besar para pencari kerja tersebut lulusan SMA sederajat dimana dari total pembuatan kartu kuning 50 persen memiliki pendidikan SMA. Sisanya pendidikan S1 ataupun S2.

"Kami kesulitan melakukan pendataan yang menganggur karena setelah kerja mereka tidak lagi melapor," ujar Edy Kamis (26/7).

Dikatakan Edy, jumlah pencari kerja akan melonjak saat ada pembukaan atau penerimaan pegawai dari perusahaan atau pemerintah yang ada di Kabupaten Muaraenim, apalagi kartu kuning ini menjadi salah satu syarat administrasi dalam perekrutan oleh perusahaan.

Ditambahkan Kabid Pentakerja, Kuwat Supriyadi mengatakan di tahun 2017 pencari kerja berjumlah 1122 orang. Sementara di tahun 2018 hingga juni ada 908 pencari kerja berdasarkan pembuatan kartu kuning. (ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help