Berita Palembang

Alex Noerdin Beri Hukuman Ini Untuk Oknum Suporter yang Terbukti Ikut Melakukan Pengrusakan

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengecam tindakan oknum suporter yang merusak Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ)

Alex Noerdin Beri Hukuman Ini Untuk Oknum Suporter yang Terbukti Ikut Melakukan Pengrusakan
SRIPOKU.COM/RESHA
Kondisi Tribun yang kursinya mengalami kerusakan, kini telah selesai diperbaiki. 

Laporan Wartawan Sripoku.com , Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengecam tindakan oknum suporter yang merusak Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), saat laga kandang antara Sriwijaya FC kontra Arema FC Sabtu (21/7/2018) lalu. Ia bahkan melarang oknum suporter yang terbukti ikut melempar kursi tersebut, untuk masuk kembali ke stadion itu.

“Yang merusak tidak boleh masuk stadion itu lagi. Polisi sudah mengusut tuntas. Biar ada efek jera,”ujarnya saat diwawancarai Kamis (26/7/2018).

Ia mengatakan, jangan sampai kerusakan yang timbul oleh segelintir oknum tadi merusak nama suporter yang sudah brsusah payah mendukung tim kesayangannya bertanding. Sebab, tidak seluruh suporter bersifat anarkis hingga tega merusak markas tim kesayangannya itu.

“Jangan segelintir oknum suporter merusak seluruh suporter yang baik-baik. Kalau Cuma 20, 30, atau 50 merusak ribuan suporter kan sayang,” katanya.

Sehingga ia berharap, kejadian seperti ini jangan sampai terulang lagi. Dengan melarang oknum-oknum yang terbukti bersalah ikut melakukan pengrusakan, kejadian tersebut di masa yang akan datang akan bisa diminimalisir.

“Ini tindakan kriminal, tindakan pidana, pengrusakan barang milik negara,” jelasnya.

Sementara itu, kerusakan kursi tribun akibat ulah oknum suporter tersebut akhirnya berhasil diperbaiki. Sebanyak 373 kursi penonton yang rusak, telah kembali seperti semula.

Pengrusakan tersebut sempat membuat beberapa pihak khawatir, lantaran Stadion tersebut akan dipakai untuk perhelatan Sepakbola Wanita Asian Games 2018 Agustus mendatang.

Perbaikan yang diprediksi memakan waktu 1 minggu itu, akhirnya rampung dalam waktu 4 hari. Hal tersebut karena kedua pihak, yakni Batalyon Zeni Konstruksi (Zikon) 12/KJ Kodam II Sriwijaya dan PU Pera bahu-membahu menyelesaikan perbaikan kursi tersebut.

Perbaikan tersebut meliputi pemasangan kembali kursi yang terlepas dari dudukannya, dan mengganti kursi yang sudah terbelah dengan kursi cadangan yang memang disimpan oleh pihak JSC sendiri. Sebab kerusakan kursi di Tribun Utara dan Selatan itu, ada beberapa yang sudah tak bisa diperbaiki sehingga harus diganti.

“Ada 169 kursi yang kita pasang dan tidak bisa diperbaiki. Kita ganti baru dan cat. Masih bisa jadi lebih baik, kalau rusak betul, kita ganti dan cat ulang,” ujar Kepala Pengawas Keamanan, Ketertiban dan Kebersihan (K3) PT. Jakabaring Sport City (JSC) Rusli Nawi Kamis.

Perbaikan tersebut, diikuti dengan pengamanan ketat dari pihaknya agar tidak ada lagi yang bisa masuk ke Stadion yang jadi markas Sriwijaya FC itu. Sterilisasi tersebut akan berlangsung hingga gelaran Asian Games 2018 mendatang.

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved