Berita Musi Rawas

Terobosan Dinsos Musirawas, Jemput Bola Urus dan Serahkan Akte Kelahiran Anak Bagi Kelurga Miskin

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musirawas membuat terobosan dalam memberikan pelayanan kepasa masyarakat, khususnya keluarga miskin.

Terobosan Dinsos Musirawas, Jemput Bola Urus dan Serahkan Akte Kelahiran Anak Bagi Kelurga Miskin
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Kadinsos Musirawas Agus Susanto, menyerahkan akte kelahiran anak kepada keluarga tak mampu yang baru melahirkan di Kecamatan Tugumulyo. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musirawas membuat terobosan dalam memberikan pelayanan kepasa masyarakat, khususnya keluarga miskin atau tak mampu.

Yaitu dengan cara jemput bola membantu dalam pengurusan administrasi kependudukan, antara lain pembuatan akte kelahiran anak yang baru dilahirkan.

Seperti dilakukan oleh Dinsos Musirawas terhadap dua warga di Desa H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo, yaitu Asmawati dan Nanik Triyani.

Kepala Dinsos Agus Susanto didampingi oleh Kasi Kesos Kecamatan Tugumulyo, perangkat Desa Wukirsari dan Pendamping PKH menyerahkan secara langsung akte kelahiran kepada kedua warga yang tergolong tak mampu tersebut.

"Inovasi jembut bola untuk keluarga miskin ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Musirawas untuk melayani pengurusan administrasi kependudukan bagi masyarakat miskin ini," ungkap Agus Susanto, Rabu (25/7/2018).

Dikatakan, kegiatan ini merupakan uji coba Dinas Sosial dalam memfasilitasi keluarga miskin mendapatkan akte kelahiran anak.

Melalui program ini, diharapkan kedepannya setiap keluarga miskin melahirkan, maka esoknya langsung mendapatkan akte kelahiran bagi anak yang baru dilahirkan.

Pengurusan akte kelahiran untuk keluarga miskin ini tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis dan langsung diantarkan ke warga yang bersangkutan.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan dan pengembangan layanan sistem layanan rujukan terpadu Kementerian Sosial RI," ujarnya.

Sementara itu, Asmawati dan Nanik Triyani, warga yang difasilitasi oleh Dinsos Musirawas untuk mendapatkan akte kelahiran anak yang baru dilahirkan mengaku sangat bersyukur dan terima kasih.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti mereka. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Musirawas dan Dinas Sosial serta Pendamping Keluarga Harapan (PKH) yang telah memperhatikan masyarakat khususnya keluarga miskin.

Yusuf, perangkat Desa Wukirsari, juga menyampaikan terimakasih kepada Kadinsos yang telah membantu mengurus akte kelahiran untuk anak dari keluarga miskin di desanya.

Menurutnya, selama ini belum pernah ada yang seperti ini dan dirinya berharap program ini terus dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat miskin.

Baca: 487 Caleg Rebutkan 45 Kursi DPRD, Dua Partai Tidak Kirimkan Bacaleg

Baca: Festival Lanskap Nusantara Pertama Di Indonesia, Dari Sumsel Untuk Indonesia

Baca: Minta Uang Belanja, Wanita di Palembang Ini Malah Dianiaya

Baca: Usai Buang Marlon, Kini Giliran Mantan Gelandang Madrid ini Dibuang Borneo FC

Baca: Inilah Tiga Waktu Bagi Jemaah Haji Perempuan ke Raudha

Baca: Masa Depan Aaron Ramsey di Arsenal Belum Jelas, Tertarik Perlihatkan Kemampuan dengan Pelatih Baru 

Baca: Bermain di Liga Swedia, Ini Calon Pemain Termahal Liga 1 yang Sedang Diincar Bali United

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help