Inspirasi

3 Inspirasi Kehidupan Penting dari Lalu Muhammad Zohri Buat Kita

Rasanya mau menangis! Sungguh kita tidak menyangka bahwa di tengah kesibukan kita dengan urusan Piala Dunia 2018 yang baru saja selesai dan

3 Inspirasi Kehidupan Penting dari Lalu Muhammad Zohri Buat Kita
NET/IST
Lalu Muhammad Zohri, pelari Indonesia yang sukses cetak sejarah karena menjadi Juara Dunia 100 meter atletik. 

SRIPOKU.COM - Rasanya mau menangis! Sungguh kita tidak menyangka bahwa di tengah kesibukan kita dengan urusan Piala Dunia 2018 yang baru saja selesai dan persiapan Asian Games, ada putra Indonesia yang mencatatkan prestasi yang gemilang.

Dialah Zohri, Lalu Muhammad Zohri. Dengan luar biasa, pemuda kelahiran NTB ini menorehkan prestasi di ajang Kejuaraan Atletik U-20 di Tampere, Finlandia pada 11 Juli 2018 lalu.

Berita Lainnya:
Rumah Lama Lagi Direnovasi, Begini Wujud Rumah Baru Lalu Muhammad Zohri, Sudah Siap Dihuni

Banyak video dan tayangan, yang menunjukkan detik-detik prestasi Zohi yang luar biasa. Dalam usianya yang relatif muda yakni 18 tahun, Zohri berhasil membawa pulang medali emas di ajang bergensi lari 100 meter putra. Dengan prestasinya, ia mengalahkan banyak lawan yang hebat. Dengan prestasinya ini pula, Zuhri mengukir sejarah.

Ia menjadi pelari Indonesia yang pertama meraih posisi pertama di nomor 100 meter. Ini memperbaharui prestasi pelari Indonesia yang finis di urutan ke-8 di tahun 1986 silam. Bayangkanlah. Terakhir prestasi kita di tahun 1986! Dengan prestasi inipun, Zohri memecahkan rekor lari yang sebelumnya dipegang oleh Henrik Larson asal Swedia, yang pernah mencatat waktu tercepat 10,28 detik.

Untuk diketahui, U-20 ini merupakan pertandingan dunia yang resmi dan amat bergengsi, khususnya untuk cabang atletik. Penyelenggaranya adalah International Association of Athletics Federations (IAAF) dan diperuntukkan khusus untuk usia di bawah 20 tahun.

Biasanya, negara-negara di dunia mengirimkan atlit muda terbaik mereka untuk berkompetisi di ajang ini yang dilaksakan setiap dua tahun sekali. Dan kali ini, Indonesialah pemenangnya. Sungguh membanggakan! Kita patut berterima kasih kepada Zohri yang diam-diam, jauh dari sorotan, tapi ternyata mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan prestasinya!

Namun, di balik prestasi ini, adalah kehidupan Zohri yang amat sederhana dan jauh dari mewah. Bahkan boleh dikatakan memprihatinkan. Bahkan, kalau diperhatikan foto-foto rumah tinggalnya Zohri, sungguh jauh dari penghargaan kita bagi atlit yang telah mencatatkan nama besar Indonesia di ajang internasional.

3 Pesan Zohri Buat Kita
Pertama-tama, jauh dari hiruk pikuk, Zohri menggegerkan Indonesia dan dunia dengan prestasinya. Kadangkala kita melihat banyak atlit yang dalam sorotan media massa, diberitakan dimana-mana, justru prestasinya malah anjlok.

Inilah yang membuat saya teringat dengan bukunya karya Bruce Jenner, Finding The Champion Within dimana ia justru mengakui bahwa seringkali atlit yang dielu-elukan, malahan jatuh terpuruk. Malahan, yang biasanya tidak diperhitungkan, justru yang menjadi pemenangnya.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved