Berita Palembang

Rupiah Sentuh Level Rp 14.545. Avialiani: Pelaku Ekonomi Jaga Cashflow Perusahaan

Aviliani: kalau bisa perusahaan jangan sampai menaikkan harga sampai akhir tahun karena rupiah terus menurun

Rupiah Sentuh Level Rp 14.545. Avialiani: Pelaku Ekonomi Jaga Cashflow Perusahaan
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani saat melakukan pemaparan pada acara Economy Outlook Bank Sumsel Babel, Jumat (20/07/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani, mengatakan untuk menjaga rupiah tetap stabil pemerintah diminta untuk mengajak pelaku ekonomi untuk menjaga cashflow perusahaan.

"Pelaku usaha yang ingin membayar utang harus diatur waktunya supaya tidak terjadi gejolak," kata Aviliani pada acara Economy Outlook Bank Sumsel Babel, Jumat (20/07/2018).

Baca: Cinta Mati! Ternyata Presiden Soekarno Pernah Minta Dikuburkan Satu Lubang dengan Wanita Cantik Ini

Sesuai data Bloomberg pada perdagangan siang ini, rupiah kembali terkapar hingga menyentuh level Rp 14.545 per USD setelah sebelumnya berada Rp 14.442 pada penutupan perdagangan kemarin.

Selain itu, penjagaan ini juga bertujuan agar pelemahan rupiah tidak berdampak pada kenaikan harga minyak sehingga juga menyebabkan kenaikan inflasi meningkat secara signifikan di angka 2 persen.

"Yang juga harus dijaga, kalau bisa perusahaan jangan sampai menaikkan harga sampai akhir tahun karena rupiah terus menurun," terangnya.

Baca: Lama Tak Terdengar Kabarnya, Band Geisha Kembali berkarya dengan Formasi Baru

Menurut Aviliani penguatan dolar tidak terlalu berdampak pada peningkatan utang di kalangan debitur bank.

"Debitur-debitur besar sudah mulai melakukan hedging jadi tidak terlalu berdampak pada peningkatan utang karena mereka sudah punya pengalaman masa lalu," tambahnya.

Sementara untuk pihak perbankan, dia menyarankan membuat perhitungan ke depan untuk apat menganilisis dampak pelemahan rupiah.

Baca: Cuma Berjarak 5 Meter, Hotman Paris Nekat Rayu Wanita Cantik. Astaga Begini Reaksi Istrinya

"Perbankan harus membuat semacam perhitungan agar tidak berdampak langsung terhadap kenaikan harga karena dapat menurunkan demand dari masyarakat." katanya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved