Berita OKU Selatan

Lumpuh Selama 9 Jam, Warga OKUS Keluhkan tak Bisa Akses Jaringan Telkomsel

Masyarakat Kota Muaradua mengeluhkan jaringan seluler jenis Telkomsel yang tidak dapat diakses berlangsung selama lebih

Lumpuh Selama 9 Jam, Warga OKUS Keluhkan tak Bisa Akses Jaringan Telkomsel
Istimewa
Ilustrasi jaringan provider alami gangguan 

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA-- Masyarakat Kota Muaradua mengeluhkan jaringan seluler Telkomsel yang tidak dapat diakses berlangsung selama lebih kurang lebih kurang 9 jam. Kamis (19/7/2018).

Diketahui pengguna pelanggan simcard Telkomsel tidak dapat mengakses jaringan sinyal telkomsel sekitar sejak pukul 15.00 WIB sore hingga pukul 00.30 WIB malam, .

Hal itu dikeluhkan salah seorang remaja Doni warga Bumi Agung Kecamatan Muaradua yang merupakan pelanggan Telkomsel mengeluhkan gangguan sinyal yang terjadi beberapa jam lamanya.

"Sejak pukul 15.00 WIB sinyal internet hilang, baik sinyal 2G, 3G dan 4G, hingga melakukan panggilan dan mengirim sms tidak bisa dilakukan,"keluh Doni, dibincangi Sripoku.com, Kamis (19/7/2018).

Berbeda dengan yang terjadi di Desa Simpang Campang, Kecamatan Kisam Ilir, sejak difungsikan sinyal 2G dan 4G masyarakat sekitar malah tak dapat leluasa menikmati kecepatan layanan internet seperti yang diharapkan yang sering kali mengalami gangguan.

Baca:

Niat Ikut Pelatihan Keselamatan, Gadis Ini Malah tak Selamat Setelah Jatuh dari Lantai 2 Gedung

Super Blood Moon pada 28 Juli, BMKG Akan Siarkan Langsung Gerhana Bulan Total Melalui Link Ini

"Dulu sekitar 1 pekan setelah pergantian sinyal 2G ke 4G layanan internetnya cepat sekarang tidak tahu kenapa untuk membuka sosial media (Sosmed) sulit diakses," kata warga setempat Ujang, Kamis (19/7/2018).

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Firman Bastari, melalui Kabid Informatika Faisol Ali, menyampaikan berdasarkan keterangan pihak telkomsel terdapat kabel FO yang hilang.

"Dari keterangan pihak telkomsel terdapat kabel Fiber Optik yang hilang, sehingga menyebabkan gangguan sinyal dari jam 3 sore hingga jam 12 malam,"kata Dia.

Dijelaskannya, apabila terjadj gangguan dengan durasi lebih dari 3 jam terkendala pada kabel Fiber Optik (FO) yang hilang atau putus, akan tetapi apabila mengalami gangguan dalam jangka waktu kurang dari 3 jam terkendala pada tower jaringan.

Sementara itu saat dikonfirmasi pada pihak telkomsel Manajer Sales Arpa Reza, membenarkan terdapat kendala pada kabel Fiber Oftik (FO) telkom yang terjadi di jalan Jagaraga menuju Desa Tekana.

"Berdasarkan laporan kemaren terjadi gangguan pada kabel Fiber Optik (FO) yang mengalami putus atau hilang di jalur jalan Jagaraga menuju Tekana,"jelasnya saat dihubungi via telpon Jumat (20/7/2018).

Kemudian terkait sinyal pada pelosok pedesaan yang kerap gangguan Manajer sales belum bisa memberikan keterangan karena terkait bidang-bidang masing.(*)

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved