Manfaat Kedelai

Manfaat Kedelai untuk Mengendalikan Berat Badan Ideal

Selain enak, makanan kedelai ini mudah ditemukan karena sering dijadikan bahan dasar untuk makanan lain, seperti tempe dan tahu, susu kacang kedelai,

Manfaat Kedelai untuk Mengendalikan Berat Badan Ideal
ISTIMEWA
Kedelai 

SRIPOKU.COM - Bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal, kedelai bisa jadi salah satu makanan andalan.

Selain enak, makanan super ini mudah ditemukan karena sering dijadikan bahan dasar untuk makanan lain, seperti tempe dan tahu, susu kacang kedelai, bahkan snack dari kedelai.

Berita Lainnya:
Susu Kedelai Tidak Berbahaya, Bahkan Amat Bergizi

Tapi, tahukah kamu bahwa manfaat kedelai salah satunya dapat mengendalikan berat badan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kedelai sangat populer, terutama di Indonesia, dan sering direkomendasikan sebagai menu makanan untuk mengendalikan berat badan. Baik untuk mencapai berat badan tertentu maupun mempertahankan berat badan yang sehat. Mengapa?

Kedelai kaya akan serat dan protein serta mengandung lemak yang baik bagi kesehatan (lemak tak jenuh). Saat sedang berusaha mengatur kembali berat badan, kedelai yang mengandung tinggi protein dan serat menjadi kunci untuk mengontrol asupan kalori.

Berat badan yang ideal menandakan bahwa asupan kalori sudah terkendali. Namun, kondisi berat badan berlebih, mengharuskan kita membatasi atau mengurangi asupan kalori. Itulah sebabnya kedelai sangat bermanfaat dalam mengendalikan berat badan.

Kandungan protein pada kedelai beragam, bergantung pada jenis kedelai dan bagaimana kedelai itu diolah. Namun, pada dasarnya kedelai memang memiliki protein yang tinggi.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, kedelai 100 g mengandung protein sebanyak 40,4 g; sedangkan telur yang juga merupakan sumber protein, dalam 100 g mengandung protein 12,4 g.

Protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk mencernanya, dibandingkan karbohidrat dan lemak. Sehingga makin tinggi protein pada makanan maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. Selain itu, protein pada kedelai juga membuat kenyang lebih lama.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved