Ingat Lagi Bahaya Pakaian Panjang saat Naik Sepeda Motor

Kasus kecelakaan sepeda motor akibat penggunaan pakaian yang tidak tepat kembali terekam di media sosial. Diceritakan, seorang ibu terjatuh

Ingat Lagi Bahaya Pakaian Panjang saat Naik Sepeda Motor
Instagram
Ilustrsi - Ibu ibu naik motor. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Kasus kecelakaan sepeda motor akibat penggunaan pakaian yang tidak tepat kembali terekam di media sosial. Diceritakan, seorang ibu terjatuh dari motornya dan pingsan akibat baju gamis yang dikenakanya tersangkut di roda sepeda motor.

Beruntung ibu tersebut tidak mengalami luka serius dan langsung diberi pertolongan oleh warga sekitar. Video singkat tersebut kemudian sudah dilihat 40.000 warga net yang langsung memberikan beragam komentar.

Berita Lainnya:
Penumpang Motor Honda Beat Tewas Setelah Tubuhnya Terpental ke Jalan

Peristiwa ini mengingatkan bahaya dapat ditimbulkan oleh beragam faktor di jalan saat berkendara motor, salah satunya dari pakaian yang tidak tepat.

Seperti diungkapkan Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, ada beberapa pakaian yang memiliki potensi membahayakan saat dikenakan sambil berkendara seperti gamis, selendang dan jas hujan ponco.

ilustrasi
Kasus baju tersangkut di rantai motor kembali terjadi. (Instagram/akuaslimedan)

"Bukan tidak diperbolehkan mengenakan pakaian jenis tersebut namun potensi membuat celaka cukup besar, apalagi sebelum berkendara tidak dilihat kondisinya bagaimana, apakah dekat dengan gir, rantai atau pelek," ucap Jusri beberapa waktu lalu.

Murniyanti, anggota Women on Wheels mengungkapkan, masalah penggunaan pakaian seperti gamis atau hijab dapat diatasi dengan selalu memastikan kalau pakaian yang dikenakan tidak berpotensi mencelakakan.

"Seperti gamis yang panjang, itu memang berbahaya. Jika tidak bisa diganti, saat naik motor pastikan ujung baju dijepit di antara kaki, atau diduduki," ucap Murniyanti.

Selain itu untuk menghindari kejadian serupa, mengutip halaman Suzuki Indonesia, bagi pengendara wanita dengan pakaian yang menjuntai hindari penggunaan motor dengan rantai.

Skutik dinilai motor yang aman sebab memiliki cover meminimalisir hembusan angin bagian bawah serta tidak memiliki gir atau rantai meski tetap harus memperhatikan pakaian agar tidak terlalu panjang menjuntai.

Penulis: Setyo Adi Nugroho

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Ingat Lagi Bahaya Pakaian Panjang saat Naik Motor

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved