Berita Musi Banyuasin

Gelar Uji Kompetensi JPT Pratama, 27 Pejabat Pemkab Muba Ikut Tes, Siap-Siap Bangku Panjang

Guna menunjang semua itu Pemkab Muba menggelar uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama bagi 27 orang pejabat esselon II

Gelar Uji Kompetensi JPT Pratama, 27 Pejabat Pemkab Muba Ikut Tes, Siap-Siap Bangku Panjang
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab Muba ketika megikuti Uji kompetensi JPT Pratama 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus bergerak cepat dalam  meningkatkan pembangunan dan infrastruktur, hal tersebut juga tentunya diringi dengan Sumber Daya Manusian (SDM) yang berkualitas.

Guna menunjang semua itu Pemkab Muba menggelar uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama bagi 27 orang pejabat esselon II, di Hotel Ranggonang, Kamis (19/7/18).

Seketaris Daerah (Sekda) Muba Drs Apriyadi MSi mengatakan, saat ini Pemkab Muba terus berupaya bergerak cepat dalam hal pembangunan SDM.

Untuk mendapatkan SDM yang handal dan berkualitas, Pemkab Muba melaksanakan uji kompetensi bagi pejabatan pimpinan tinggi. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kualitas SDM yang ada dan juga untuk mengetahui kemampuan masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Nanti ada hasilnya, karena apakah sesuai dengan tempatnya atau tidak nanti panitia seleksi akan menguji dari kualifikasi, kompetensi dan kinerja dengan tes karya tulis, wawancara dan psikologi," kata Apriyadi. 

Dari hasil tes yang dilakukan, lanjut mantan Pj Bupati PALI ini pihaknya akan menyampaikan yang ada kepada pimpinan.

Hal ini juga menjadi rekomendasi pimpinan dalam menilai serta rujukan untuk mengevaluasi kawan-kawan OPD.

Tujuan dari kompetensi ini sebagai upaya melakulan pembinaan dan pengembangan agar bisa mendukung program visi misi bupati dan wakil bupati untuk Kabupaten Muba lima tahun kedepan. 

“Kompetensi ini yang jelas juga sebagai pintu masuk dalam melakukan perubahan dilingkungan esselon II alias rotasi. Karena para panitia seleksi bagi uji kompetensi JPT Pratama ini dari berbagai bidang seperti mantan Sekda Provinsi Sumsel, Kepala BKD Provinsi Sumsel, Akademisi dari Unsri dan Pejabat dilingkungan Pemkab Muba. Para penguji semuanya berkompeten,” ungkapnya.

Jika hasil kompetensi sudah keluar dan hasilnya belum cukup, tidak menutup kemungkinan para pejabat esselon II nanti dibawah dari hasil kompetensi bisa- bisa dinonjobkan, asalkan prosedur sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN) diikuti.

"Nanti, kalau dibawah hasilnya akan dites khusus kembali. Tapi, kalau masih dibawah standar diberikan peluang selama 6 bulan untuk melakukan pengembangan kinerja. Namun, dalam 6 bulan sudah diberikan tapi masih saja tidak berkembang. Barulah, kepala OPD tersebut kita non Jobkan,"tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Seleksi, H Mukti Sulaiman menambahkan, uji kompetensi ini menentukan minat para pejabat esselon II, karena dizaman milenium sekarang ini harus bekerja dengan cepat seperti swasta dan harus memiliki inovasi-inovasi dalam menunjang program pemerintahan.

“Ya, kita para pansel ini sifatnya merekomendasikan kepada Bupati hasil dari uji Kompetensi. Mengenai kebijakan itu sepenuhnya di Bupati,"tutupnya.

Baca: Satlantas Polres Musirawas Bagikan Rompi untuk Komunitas Ojek Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Baca: Kisah Inspiratif Mantan Waiter Jadi General Manager Hotel Berbintang

Baca: Jangan Mudah Tertipu, Berikut Cara Mengetahui Celana Lea Jeans Anda Asli Atau Palsu

Baca: Jangan Mudah Tertipu, Berikut Cara Mengetahui Celana Lea Jeans Anda Asli Atau Palsu

Baca: 300 Lahan di Sumsel Terbakar, BNPB Sumsel Siapkan Tiga Heli Pemadam

Baca: Reaksi Fatin Shidqia Saat Namanya Dikaitkan Peserta KDI yang Diusir Iis Dahlia, Bongkar Fakta ‘Dulu’

Baca: Densus 88 Anti Teror Amankan Pasangan Suami Isteri Terduga Teroris di Mariana Banyuasin

Baca: Gagal USMB, Unsri Tawarkan USBM D-1, Berikut Cara Pendaftarannya

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved