Piala dunia 2018 ; Laga Final Piala Dunia 2018 Akan Dipimpin wasit Dari Argentina

Wasit asal Argentina, Nestor Pitana, bersama dengan asistennya, Hernan Maidana dan Juan Pablo Belatti akan memimpin Final Piala Dunia 2018 Rusia.

Piala dunia 2018 ; Laga Final Piala Dunia 2018 Akan Dipimpin wasit Dari Argentina
tribunnews.com/zimbio
Nestor Pitana 

SRIPOKU.COM - Wasit asal Argentina, Nestor Pitana, bersama dengan asistennya, Hernan Maidana dan Juan Pablo Belatti akan memimpin Final Piala Dunia 2018 Rusia.

Laga penuh sejarah itu mempertemukan Prancis dan Kroasia di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia pada Minggu malam pukul 22.00 WIB.

Ofisial keempat akan dijabat oleh Bjorn Kuipers (Belanda), sementara wasit cadangan adalah Erwin Zeinstra (Belanda).

Bagi Pitana ini merupakan laga final Piala Dunia pertama yang dipimpinnya, uniknya dirinya juga memimpin laga pembuka yang dimainkan tuan rumah Rusia kontra Arabsaudi. Dalam sejarah FIFA, ini merupakan yang kedua kalinya. 

"Ini merupakan perasaan gembira untuk kedua kalinya yang saya rasa dalam hidup saya, pertama saat saya diberitahunkan menjadi seorang ayah. Dan yang kedua ini, memimpin laga final Piala Dunia," ujar Pitana dikutip laman FIFA, Sabtu (14/07/2018).

"Dalam hal pengorbanan, tanggung jawab yang dilibatkannya. Untuk anak-anak yang mencintai sepakbola, impiannya adalah untuk mencapai Final Piala Dunia. Tim ini telah bekerja sangat keras untuk mencapai tempat kami, kami telah berhasil mencapai salah satu pencapaian terbesar di dunia perwasitan. Dan sekarang kami ingin menyelesaikan pekerjaan, dengan cara sebaik mungkin," sambung wasit 43 tahun itu.

Dilansir dari Tribunnews.com , Ia menjadi wasit pertama yang meniup peluit di turnamen ini saat menjadi pemimpin di laga Rusia versus Arab Saudi dalam laga pembuka Piala Dunia 2018.

Baca juga: Prediksi dan Jadwal Perebutan Posisi Ke-3, Belgia vs Inggris

Selain itu, wasit berusia 43 tahun juga terlibat dalam wasit yang bertugas saat laga babak 16 besar antara Kroasia Vs Denmark serta laga perempat final antara Perancis dan Uruguay.

Pitana merupakan seorang guru pendidikan jasmani di negaranya, dirinya menjadi wasit internasional sejak tahun 2010. Dia adalah wasit Argentina kedua yang berpartisipasi dalam dua Piala Dunia setelah Norberto Coerezza, yang mengawasi dua pertandingan pada tahun 1970 dan satu pada tahun 1978. Setelah Horacio Elizondo pada tahun 2006, ia menjadi wasit Argentina kedua untuk memimpin Final Piala Dunia.

Pitana adalah salah satu wasit paling berpengalaman di Amerika Selatan dan juga memiliki pengalaman bermain di level remaja. Tiga pertandingan Piala Dunia U-17 pada 2013 didahului panggilan-up tahun berikutnya untuk Piala Dunia di Brasil, di mana Pitana diawasi empat pertandingan, termasuk Prancis vs Jerman di perempat final. 

Baca: Ketimbang Sepatu Emas, Kemenangan Tim Lebih Penting Bagi Romelu Lukaku

Baca: Malaysia Juara AFF Setelah Menang 4-3 dari Myanmar

Baca: Sang Kapten dan 4 Orang Lainnya Bisa Lepas dari Jerat Penjara Jika Kroasia Juara Piala Dunia 2018 

Pada 2015, dia dipanggil untuk yang pertama, dan sejauh ini hanya, Copa America, selain menangani River Plate vs Huracan di final Supercopa Argentina.

Pitana kembali ke Brasil pada tahun 2016 untuk Turnamen Sepak Bola Olimpiade, di mana dia adalah orang di tengah untuk semifinal antara Jerman dan Nigeria. Pada 2017 ia memimpin semifinal Piala Konfederasi antara Jerman dan Meksiko.

Di Rusia, Pitana telah mewasiti empat pertandingan, mengambil alih Rusia vs Arab Saudi (Pembukaan) dan Meksiko v Swedia di babak grup, Babak 16 pertandingan antara Kroasia dan Denmark, serta perempat final antara Uruguay dan Prancis.

sumber ; Tribunnews.com //covesia.sport

Editor: Budi Darmawan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved