Berita Palembang

Peserta Cultural Visit Media Gathering 2018 Kunjungi Produksi Rokok Djarum

Peserta diajak melihat langsung produksi rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Kota Kudus,

Peserta Cultural Visit Media Gathering 2018 Kunjungi Produksi Rokok Djarum
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Para karyawan PT Djarum saat memproduksi rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Kota Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (11/7) (11/7) 

Laporan wartawan sripoku.com, Andi Wijaya

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Hari keempat, peserta Cultural Visit Media Gathering 2018 diajak ke PT Djarum Kudus sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia telah memproduksi berbagai merk jenis
rokok yang memperkerjakan tenaga manusia dan mesin atau robot.

Kali ini peserta diajak melihat langsung produksi rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Kota Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (11/7).

Dimana diketahui Lokasi SKT Karang Bener yang memproduksi jenis rokok Djarum Coklat, Djarum 76 dan Djarum Istimewa.

Menurut Manajemen PT Djarum Kudus, Purnomo Nugroho, untuk SKT berada di 25 lokasi.  Sementara SKM diproduksi di 2 lokasi.

Produksi SKT memperkerjakan 72 ribu orang yang didominasi para perempuan. Sementara produksi SKM semuanya dioperasionalkan robot.

Khusus di SKT Karang Bener mempekerjakan 4.500 karyawan wanita di bagian penggulungan (ngelinting) dan pengepakan atau packing.

Mereka mula bekerja pukul 06.00 hingga pukul 13.00 khusus untuk penggulungan. Sementara bagian pengepakan bekerja hingga pukul 15.00.

Tampak para wanita, yang satunya banyak ibu-ibu rumah tangga begitu cekatan bekerja dari mulai proses awal hingga akhir produksi.

Dalam satu hari saja, seorang pekerja dapat menggulung antara 3.000-4.000 batang rokok.

Halaman
12
Penulis: Andi Wijaya
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help