Berita Palembang

Terkait Mutasi Guru, Boleh Mengajukan Asalkan Dengan Alasan Ini

Menanggapi masalah pemindahan guru SMA/SMK ke kota Palembang, Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumsel

Terkait Mutasi Guru, Boleh Mengajukan Asalkan Dengan Alasan Ini
SRIPOKU.COM/YULIANI
Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Sumsel Syarial Effendi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menanggapi masalah pemindahan guru SMA/SMK ke kota Palembang, Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumsel mengacu sesuai surat edaran dari Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Sumsel. Pasalnya Disdik akan memperbolehkan asalkan sesuai dengan keadaan darurat.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdik Sumsel Syarial Effendi mengatakan sebetulnya edaran Sekda mengenai mutasi guru daerah ke kota ini sudah di edarkan oleh Sekda sejak bulan November 2017 lalu.

Dimana tercantum isi edaran Sekda, berupa pesan yang melarang pemindahan. "Bukannya melarang, melainkan guru SMA/SMK harus melihat kondisinya.

Kita juga memahami betul dengan kondisi guru sekarang, baik masalah yang pindah ataupun mutasi kerja.

Namun dalam edaran tersebut Sekda memperbolehkan guru SMA/SMK untuk dipindahkan asalkan sifatnya darurat," ujarnya, Kamis (12/7/2018).

Lanjutnya, maksud dari sifat darurat ini seperti jika ada guru SMA di daerah terkena suatu penyakit, dan mengharuskan yang bersangkutan tidak bisa berjalan jauh atau capek.

Sedangkan keluarganya banyak di Palembang. Tentu dengan kondisi ini Disdik akan memperbolehkan asalkan sifat darurat.

"Saat ini ada beberapa guru daerah yang diperbolehkan, diantaranya dari Empat Lawang, Banyuasin dan OKI. Malahan ada kasus pemindahan bukan dari gurunya sakit, melainkan anak guru itu yang mengidap penyakit kanker darah, yang menyebabkan anak tersebut harus sering dilontrol oleh guru tersebut, sedangkan guru ini bertugas diluar daerah dan anak guru ini ada di Palembang," jelasnya.

Pihaknya juga memperhatikan kebijakan tersebut, tentu akan memperbolehkan mereka untuk pindah tugas mengajar disini (Palembang), asalkan sifatnya darurat.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved