Berita Lahat

Pantau Kendaraan Tak Laik, Dishub Lahat Jemput Bola Sekaligus Tingkatkan PAD

Menekan terjadinya angka kecelakaan yang diakibatkan tidak laiknya kendaraan roda empat (mobil) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lahat

Pantau Kendaraan Tak Laik, Dishub Lahat Jemput Bola Sekaligus Tingkatkan PAD
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Uji kelayakankendaraan roda empat di kecamatan Merapi Barat Dishub Lahat Jemput Bola. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT – Menekan terjadinya angka kecelakaan yang diakibatkan tidak laiknya kendaraan roda empat (mobil) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lahat melakukan uji kelayakan kendaraan.

Bahkan, untuk memastikan hal tersebut Dishub Pemkab Lahat jemput bola ke Kecamatan di Kabupaten Lahat.

Uji kelayakan sendiri mulai dari rem, lampu, knalpot, hingga pemeriksaan perpanjangan izin KIR bagi angkutan barang dan penumpang umum.

Hal tersebut seperti dikatakan Kadishub Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPd.I melalui Kepala Uji KIR, Syahrul SE MM, menurutnya uji kelayakan kendaraan ini sangat penting sekali khususnya bagi keselamatan pengendara itu sendiri dan tentunya orang lain.

Terlebih, saat ini dikatakanya volume kendaraan cukup tinggi.

Baca: Lagi Cari Peralatan Sekolah ? Ke Toko Bengawan Lahat Saja, Lengkap dan Ada Diskon Menariknya !

“Ya untuk memastikan Laik tidak kendaraan kita lakukan uji kelayakan. Tak hanya dalam kota kita juga jemput bola ke kecamatan."

"Seperti hari ini di pelataran parkir uji keliling Kantor Camat Merapi Barat setiap hari Rabu, minggu kedua setiap bulannya,” jelasnya ditemui, Kamis (12/7/2018).

Ia menambahkan, selain uji kelayakan juga dilakukan uji KIR. Menurutnya, kendaraan di 24 kecamatan di Kabupaten Lahat, cukup tinggi dan sulit terpantau.

Belum lagi, bagi kendaraan yang sudah berumur. Dirinya juga berharap dengan adanya uji kelayakan tersebut akan memberi pengetahuan dan informasi bagi pengendara terhadap pentingnya kelayakan kendaraan.

Baca: Hidup Adalah Perjuangan, Modal Kuat Balkisri Ikuti Pileg Lahat 2019

“Kita jemput bola, terlebih lagi di Merapi Area, banyak sekali kendaraan barang maupun penumpang umum, setidaknya mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD),” ungkap Syahrul.

Sementara itu, terpantau beberapa kendaraan diuji kelayakan. Beberapa pengendara mengapresiasi upaya Dishub Lahat tersebut.

Baca: Money Politik di Pilkada Lahat Ada 10 Amplop Berisi Rp 100 Ribu, Terdakwa Ini Siap Sidang

Namun, ada juga pengendara yang bingung dengan pemeriksaan tersebut. "Dak tau apa yang rusak pada kendaraan. Sejauh ini baik baik saja, "ujar Rusli, salah satu pengendara yang awalnya enggan diuji kelayakan. 

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help