Berita Palembang

Aturan Kredit Properti Dipermudah Bank Indonesia, Begini Prediksi Bisnis Properti Palembang

Dia memberikan gambaran, inovasi yang dilakukan pengembang nantinya akan mendorong sektor properti bergerak lebih cepat.

Aturan Kredit Properti Dipermudah Bank Indonesia, Begini Prediksi Bisnis Properti Palembang
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Pengamat Properti Palembang, Novrizal Handoko 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Rencana pemberlakuan pelonggaran aturan kredit properti dari Bank Indonesia (BI) diprediksi akan memberi dampak positif terhadap sektor bisnis utamannya bisnis perumahan

Pengamat Properti Palembang Novrizal Handoko menilai sektor properti di Sumsel akan mulai membaik pada semester II tahun ini setelah aturan tersebut diimplementasikan.

“Pelonggaran aturan ini diharapkan akan mempermudah masyarakat pembeli rumah pertama (first time buyer) untuk memiliki hunian melalui fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR),” ujarnya, Senin (09/07/2018).

Dia menjelaskan pada semester II 2018  diperkirakan akan ada perubahan signifikan yang dilakukan oleh pengusaha properti, termasuk di Sumsel.

Terlebih saat ini pasar properti diyakini akan mulai bergerak setelah masa pilkada dan liburan sekolah usai.

“Dengan adanya pelonggaran dalam skema dan aturan kredit sangat diyakini akan membantu bergeraknya lagi pasar properti khususnya pada segmen kommersil. Karena dengan bergeraknya pasar properti pada  segmen rumah subsidi tidak bisa menjadi barometer sesungguhnya,” katanya.

Sebelumnya BI sebagai Bank Sentral telah mengatur Rasio Loan to Value (LTV) untuk kredit properti (KP) dan rasio FTV untuk pembiayaan properti (PP) untuk fasilitas pertama, kedua, dan seterusnya dilonggarkan sehingga rasionya menjadi sebagai berikut.

Tidak hanya itu, melonggarkan jumlah fasilitas kredit atau pembiayaan melalui mekanisme inden menjadi maksimal lima fasilitas tanpa melihat urutan. Selain itu, menyesuaikan pengaturan tahapan dan besaran pencairan kredit/ pembiayaan properti inden menjadi sebagai berikut.

Novrizal menerangkan ketika bicara segmen properti komersial, maka banyak lagi hal yang menjadi pertimbangan kosumen termasuk juga capital gain, investasi dan kebutuhan lainnya.

“Konsumen saat ini sudah banyak yang cerdas, membeli properti saat ini lebih cenderung pada invetasi masa mendatang,” ujar Pengembang Kenten Park View ini.

Bukan hanya itu, sektor properti juga dapat turut membantu kebangkitan sub bidang bisnis lainnya seperti agency, advertising, material dan sektor lainnya, sehingga ketika banyak yang membeli rumah maka akan diikuti sektor lainnya yang potensial.

Dia memberikan gambaran, inovasi yang dilakukan pengembang nantinya akan mendorong sektor properti bergerak lebih cepat. Masyarakat yang membeli rumah pun akan diuntungkan saat membeli rumah di tahun ini sebab kemungkinan tahun depan harga rumah sudah merangkak naik sering dengan

Faktor inflasi, kenaikan harga material, hingga NJOP tanah yang disinyalir akan mendorong harga properti lebih mahal lagi.

“Masyarakat yang sudah berniat membeli rumah tahun ini agar segera membeli, sebab jika sudah 2019 diperkirakan harga jual sudah naik.” katanya.

Baca: Segera Diluncurkan BKPSDM Musirawas, ASN Bisa Konseling Lewat e-Konseling, Begini Caranya

Baca: Jelang HUT RI ke-73, Ini Bocoran Perlombaan Yang Akan Dilaksanakan Pemkab OKU

Baca: Inilah Biskuit Tertua di Dunia, Berusia 212 Tahun, Dilelang Dengan Harga Puluhan Juta

Baca: Bacok Temannya Hingga Tewas & Sempat Jadi Buron, Pria di Banyuasin Ini Menyerahkan Diri Gegara Ini

Baca: Dua Mantan Sekda Asal Lahat Siap Tarung di Pileg, Ini ALasannya Maju Pileg

Baca: Tak Hanya Nadine dan Dimas Anggara, 5 Pasangan Selebriti Ini Tercipta dari Hubungan Fans-Idola

Baca: Money Politik di Pilkada Lahat Ada 10 Amplop Berisi Rp 100 Ribu, Terdakwa Ini Siap Sidang

Baca: Anak Penjual Gorengan Asal OKU Selatan Ini Wakili Indonesia di Ajang Matematika Korea Selatan

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help