Jangan Dianggap Remeh! Ini Manfaat Servis Sepeda Motor Berkala

Komponen tertentu di sepeda motor, terutama jenis fast moving parts, akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan pemakaiannya

Jangan Dianggap Remeh! Ini Manfaat Servis Sepeda Motor Berkala
SRIPOKU.COM/REFLI PERMANA
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Komponen tertentu di sepeda motor, terutama jenis fast moving parts, akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan pemakaiannya. Penurunan kinerja bisa semakin cepat terjadi jika tidak dirawat secara teratur. Karenanya, servis atau tune up motor berkala penting dilakukan untuk menjaga performa motor.

Berita Lainnya:
Ini Komponen Motor Vespa yang Perlu Servis Sesuai Jarak Tempuh

Dengan servis berkala, kita dapat mengetahui kondisi spare parts untuk menghindari kerusakan parah untuk meminimalisir biaya perawatan dan juga untuk meminimalisir resiko mogok.

Dilansir dari GridOto, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam servis motor berkala.

Diantaranya mencakup pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pembersihan, pemeriksaan, dan penyetelan karburator, pemeriksaan dan penyetelan celah klep, pembersihan, pemeriksaan, dan pengukuran atau celah busi, jika sudah tidak memungkinkan bisa diganti dengan yang baru.

Kemudian, pengecekan dan pembersihan saluran udara, pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebas kopling, pemeriksaan dan penyetelan jarak bebas rem tromol.

Berikutnya, pemeriksaan aki, angin ban, suspense depan dan belakang, sistem kelistrikan, pergerakan stang kemudi, saluran bahan bakar, air radiator, baut mesin, penyetelan gas tangan, pergerakan stang kemudi,dan penyetelan switch rem.

Sejatinya, setiap bengkel motor pasti memiliki standar operasional terkait tahapan tune up motor yang diservis. Namun pastinya, tujuan prosedurnya adalah agar sepeda motor mudah dihidupkan, kerja mesin normal, serta sistem pengereman yang bekerja dengan baik.

Faktor penting lainnya untuk menjaga performa motor, namun kadang terlewatkan adalah ketelitian teknisi motor. Banyak cara dilakukan bengkel, baik bengkel resmi atau bengkel pribadi dalam menjaga kualitas servis mereka. Mulai dari pelatihan hingga memberikan reward.

Salah satu yang dilakukan Yamaha adalah dengan mengadakan Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) atau Kontes Teknisi Yamaha, yang tahun ini mengambil tema: Menciptakan Teknisi Yamaha yang Profesional, Terpercaya dan mampu memberikan pelayanan prima serta memahami kebutuhan konsumen yang terus berkembang sangat dinamis.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help