Berita OKI

Tak Satupun Penghuni Lapas Kayuagung Menyimpan Barang Ilegal Seperti Narkoba

Tidak ada satupun penghuni Lapas Kayuagung menyimpan barang ilegal dan hasil pemeriksaan urinenya negatif.

Tak Satupun Penghuni Lapas Kayuagung Menyimpan Barang Ilegal Seperti Narkoba
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Pihak lapas kelas II Kayuagung, melakukan razia terhadap masyarakat binaan yang dilaksanakan di kantor DPC Desa Celikah Kayuagung. 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Ptugas gabungan dari Polri/TNI dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kayuagung melakukan razia penghuni lapas, Rabu (4/7/2018).

Pemeriksaan juga dilakukan di berbagai ruangan, atap plafon dan di luar blok juga tak luput dari pengawasan.

Dari pemeriksaan  tadi, tidak ditemukan barang terlarang, razia dilakukan mengingat betapa pentingnya pengawasan dan teguran terhadap warga binaan dan sebagai shock therapy bagi para nara pidana (Napi) yang berada dalam lapas.

Razia yang langsung dipimpin Kalapas Kayuagung. Nampak puluhan petugas menyisir seluruh kawasan lapas yang terdiri dari 4 Blok termasuk untuk tahanan wanita.

Yang menarik dari razia ini, di tengah kesibukan, terdapat juga hasil kerajinan tanah dari karya napi berupa patung naga, dan celengan ayam

Penggeledahan yang dilakukan oleh petugas gabungan ini yang terdiri dari petugas Lapas, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sumsel, Kodim 0402/OKI, Subdit Narkoba III Polda Sumsel, Polres OKI, serta BNN Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

“Razia ini atas inisiatif lapas sebagai upaya pembersihan terhadap barang ilegal, apalagi pasca lebaran jumlah pengunjung terbilang cukup tinggi,” jelas Kalapas Klas III Kayuagung Hamdi Hasibuan MH didampingi Kasubsi Pembinaan Dedi Mardjana S.

Dilanjutkannya, pihaknya memberikan ruang bagi napi untuk turut merayakan lebaran bersama keluarga di lapas Kayuagung.

Tingkat pengunjung yang mencapai 1.200 orang, memiliki celah untuk menyusupkan barang-barang terlarang masuk.

“Meskipun dalam razia ini tidak ditemukan barang ilegal seperti narkoba dan lainnya, tetapi upaya sterilisasi dalam lapas, dengan melibatkan penegak hukum lainnya tetap terus dilakukan,” terangnya.

Kabid Keamanan Kanwil Hukum dan HAM Sugito BcIP SH menilai secara umum, inisiatif lapas Kayuagung untuk menggelar razia ini terbilang langkah efektif. Sebagai teguran kepada seluruh penghuni lapas.

“Apalagi diturunkan petugas gabungan ini dapat turut membantu menjadikan area lapas steril atas barang ilegal. Razia ini juga merupakan kegiatan pertama dari seluruh lapas di Sumsel setelah lebaran,” tuturnya.

Kepala BNN OKI Kabupaten OKI H Ahmad SSos melalui H Zakaria SSos MSi menyatakan, pencegahan penyalahgunaan narkoba terutama bagi penghuni lapas saat ini sekaligus rangkaian peringatan Hari Narkoba Internasional Zakaria atau yang lebih dikenal dengan Jack ini mengungkapkan, dari pemeriksaan urine seluruhnya negatif terhadap seluruh petugas lapas dan sejumlah napi yang dicurigai.

“Setelah pemeriksaan urine pagi tadi, hasilnya negatif semuanya. Dan untuk kedepannya, BNN OKI dan Lapas akan terus memantau napi untuk menjamin tidak satu pun napi yang menggunakan narkoba,” jelasnya. 

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help