News Video Sripo

Kisah Merek Lokal Radenmat Usaha Turun Temurun Spesialis Seragam Sekolah

Pabrik penjaHitan pakaian sekolah Radenmat di kawasan 27 ilir Palembang merupakan pabrik yang dikelola turun temurun.

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pabrik penjahitan pakaian sekolah Radenmat di kawasan 27 ilir Palembang merupakan pabrik yang dikelola turun temurun.

Edho merupakan generasi ketiga yang mengelola Radenmat sejak berdiri tahun 1970 silam.

Bisnis keluarga ini pun telah berkembang dari tahun ke tahun, kini usaha kebutuhan seragam sekolah dikelolanya tersebut telah memiliki 6 cabang yang tersebar di Kota Palembang.

Yakni di kawasan 16 Ilir, Terminal Sako, Simpang Kades Km 12, Pasar Km 5 (Palimo), Simpang Patal hingga merambah ke luar daerah, yakni di Jalan Sudirman Kota Prabumulih.

Jatuh bangun bisnis keluarga inipun sempat dirasakan olehnya, terutama berbagai kendala pun terkadang muncul, salah satunya sumber daya manusia.

"Masalah yang sering kita temui adalah kurangnya tenaga kerja yang memang ahli di bidang ini (menjahit), kadang ada tapi gak cocok sama yang kita inginkan"ujar Edho,Rabu(04/07/2018).

Terlebih dirinya mengaku pada saat musim tahun ajaran baru ini permintaan seragam sekolah pun sangat membludak.

Selain permintaan pasar yang begitu ramai, dirinya menambahkan ada beberapa sekolah yang sudah berkerja sama dengan pihaknya bahkan sudah 2 tahun terakhir ini.

"Memang kita sudah MoU dengan beberapa sekolah di Palembang, mereka minta kita yang mengerjakan seragam sekolahnya dan ini sudah jalan 2 tahun terakhir ini" ujarnya.

Saat ditanya berapa nominal yang diraup pada saat memasuki tahun ajaran baru seperti sekarang, dirinya enggan menyebut, namun omzet yang didapat naik hingga 200 persen dari hari biasanya.

Terakhir dirinya pun menuturkan dalam waktu dekat akan mengadakan program kursus jahit gratis hingga langsung bekerja dengan pihaknya.

"Ke depan kita akan membuka kursus jahit gratis tanpa dipungut biaya, dan setelah pelatihan kurang lebih 2 minggu akan langsung bekerja" ungkapnya.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved