News Video Sripo

Besok Venue Panjat Tebing Bakal Disertifikasi, Semua Venue Asian Games di Palembang Dipastikan Siap

Sedikitnya dari 40 cabang olahraga (Cabor) yang akan dimainkan di Asian Games 2018, 10 diantaranya digelar di Pale

Laporan Wartawan Sripoku.com , Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sedikitnya dari 40 cabang olahraga (Cabor) yang akan dimainkan di Asian Games 2018, 10 diantaranya digelar di Palembang, yakni sepak bola putri, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak (Shooting Range), triathlon, sepak takraw, dan panjat tebing (Wall Climbing).

Dimana, semua venue dipusatkan di JSC kecuali sepak bola putri yang menggunakan venue Stadion Bumi Sriwijaya.

Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Maddang mengatakan, venue yang ada di Palembang untuk pelaksanaan Asian Games 2018 semuanya dalam tahap finishing dan besok, Senin (2/7/2018) venue Wall Climbing Centre terakhir yang akan mendapat sertifikasi.

Menurut Muddai, semua pengerjaan venue dalam on the track dan hanya tinggal dirapikan saja, seperti penentangan dan taman, karena menunggu semuanya selesai dikerjakan.

"Minggu depan semua venue yang ada di Palembang di pastikan siap untuk menggelar pertandingan Asian Games," ungkapnya, Minggu (1/6/2018).

"Sedangkan untuk persiapan dan kepanitiannya lainnya semunya sudah siap dan Insya Allah Palembang akan siap menjadi tuan rumah Asian Games," jelas Mudai menambahkan.

Sedangkan untuk venue dayung, pada tanggal 15, 16 dan 17 Juli akan dilakukan test event dan dijadwalkan Presiden Jokowi langsung yang akan meresmikan.

Selain venue pertandingan, di Jakabaring juga ada penambahan lima bangunan rusunawa dan rusunami untuk perkampungan atlet juga sudah selesai dilakukan yang saat ini sedang dalam proses pemasangan lift.

Ketua Deputy 1 Games Operation Inasgoc, Hari Warganegara menambahkan, sebenarnya secara keseluruhan, persiapan venue Asian Games yang ada di Palembang tinggal lima persen.

Hanya saja, seperti venua Wall Climbing dinding sebagian sudah ada di Palembang dan akan segera di pasang.

Kendala lain, misalnya Tratlon air PH atau kadar asamnya akan ditingkatkan dari 2 menjadi 7 agar juga bisa melindungi kondisi kulit atlet.

"Tim verifikasi dari Solo akan melukan tratmen air menaikkan PH dari 2 menjadi 7. Inasgoc bekerjasama Mabes TNI di Solo dan sudah ada solusi," jelasnya.

Sedangkan venue Sooting Range, hanya tinggal kendala pada jarak 300 meter lantaran, pelapis belakang akang lebih ditebalkan.

"Bahannya semuanya sudah ada disini, tinggal pemasangan. Jadi akan dilakukan test event tanggal 6-9 Juli mendatang. Dipastikan sebelum tanggal 20 Juli semua venue sudah ready 100 persen," jelasnya.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved