Kisah Sukses Kenten Hijau Grup, Sempat Vakum Karena Ini

Kenten Hijau Grup merupakan sekelompok perusahaan yang dijalankan tujuh saudara kandung. Kini sudah memiliki sebelas anak perusahaan.

Kisah Sukses Kenten Hijau Grup, Sempat Vakum Karena Ini
dok. pribadi
Ejim (tengah) foto bersama lima saudara prianya. Salah satunya adalah Drs Herry Zaman Ak (sebelah kanan Ejim) yang merupakan Direktur Utama Kenten Hijau Grup. 

Laporan wartawan sripoku.com, Refly Permana

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Besar di lingkungan keluarga yang sukses dan menjalankan perusahaan yang semua administrasinya dikelola sesama saudara kandung tidak membuat Elfan Gema Angkasa hanya menikmati hasil saja.

Beberapa saat setelah ikut terlibat di perusahaan milik ayahnya, Elfan diharuskan mendirikan perusahaan sendiri bernama  PT Gema Angkasa Jaya Raya. Bukan hanya Elfan, tetapi juga saudaranya yang lain.

"Tujuannya, selain bisa memiliki perusahaan yang bergerak di bidang berbeda, kita disini diajar untuk mandiri. Meski masih bergerak di bawah naungan PT Gajah Mada Sarana yang menjadi induk dan kini dijalankan oleh kakak tertua kami bernama Herry Zaman Ak, kita menjalankan perusahaan yang dimiliki dengan tenaga sendiri," kata pria bersapaan Ejim ini, Sabtu (30/6/2018).

Dengan mendirikan perusahaan sendiri, Ejim mengatakan, dirinya mencari konsumen atau klien. Dengan demikian, dirinya merasa tidak sukses hanya karena peninggalan orangtua, tapi ada usaha sendiri.

Malah, lanjut Ejim, di saat kami mulai menjalankan PT Gajah Mada Sarana, ada kalanya dimana kami mengalami masa-masa sulit. Semuanya itu kami jalankan secara kekeluargaan untuk mencari solusi. Dulu tidak sesukses sekarang,mereka juga pernah jatuh atau vakum karena tidak ada pekerjaan.

Mengenai Kenten Hijau Grup, jelas Ejim, semacam induk dari beberapa perusahaan yang sebagian besar dikelola oleh Ejim dan enam saudara. Adapun induk perusahaanya bernama PT Gajah Mada Sarana. Perusahaan ini sudah ada sejak 40 tahun lalu yang dibuka oleh almarhum ayahnya.

Seiring berjalannya waktu, sekarang sudah ada tujuh anak perusahaan dan sebentar lagi akan bertambah satu. Mayoritas, bergerak di bidang kontraktor ataupun pengadaan jasa yang sudah dipercaya menyelesaikan proyek-proyek yang dimiliki instansi pemerintah, BUMN, hingga intansi Polri ataupun TNI. Ada perbaikan Gelora Sriwijaya, renovasi Wisma Atlet, pengerjaan konstruksi salah satu gedung di Polda Sumsel, dan beberapa proyek jalan di daerah, semuanya pernah kita kerjakan.

Selain itu, bidang usaha grup Kenten Hijau adalah AMP and Batching Plant, SPBU, distributor semen, fabrikasi beton precast, peternakan, hingga budi daya ikan. Sebentar lagi insya Allah ekspansi usaha di bidang perkebunan dan perumahan atau properti.

Ingin tahu wawancara lengkap dengan ayah lima anak ini? Baca Sriwijaya Post edisi Minggu (1/7/2018)

Biofile
Nama: Elfan Gema Angkasa
Sapaan: Ejim
TTL: Palembang 11 September 1967
Ortu: Effendi Zainal (alm) dan Manila Ella (ibu)
Isteri: Vivi Mivida
Anak: 5
Saudara: Empat dari tujuh bersaudara
Pendidikan terakhir: Fakultas Hukum Univetsitas Trisakti

Penulis: Refli Permana
Editor: Refly Permana
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help