News Video Sripo

Tampilan Baru Kawasan Wisata Bukit Seguntang, Galeri Sejarah dan Suasana Bak Sriwijaya Tempo Dulu

kawasan Bukit Seguntang punya nilai sejarah yang tinggi dimana lokasi tersebut diyakini sebagai tempat Dapunta Hyang dan 20.000 prajuritnya menetap

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengaku bisa merasakan suasana magis (mistis) kawasan wisata bersejarah Bukit Seguntang yang merupakan cikal bakal Kota Palembang.

"Kalian terasa tidak suasana magis disini? coba siapa yang bisa merasakan? menjelang magrib seperti ini, siapa yang teriak-teriak itu, kalian dengar tidak? saya bisa rasakan loh," Ujar Alex kepada awak media saat peresmian gallery Bukit Seguntang, Selasa (26/06/2018).

Menurutnya suasana magis yang ia rasakan karena kawasan Bukit Seguntang punya nilai sejarah yang tinggi dimana lokasi tersebut diyakini sebagai tempat Dapunta Hyang dan 20.000 prajuritnya menetap hingga mendirikan kerajaan Sriwijaya 1.300 tahun lalu.

Dia menjelaskan bila menuruti keyakinan ahli sejarah maka sebenarnya Kota palembang pula menjadi cikal bakal terbentuknya Negara Malaysia dan Singapura pada masa sejarah, karena pengaruh kedigdayaan kerajaan Sriwijaya.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya temuan guci-guci zaman kerajaan yang diduga untuk keperluan para biksu pada masa Sriwijaya, ditemukan pada kedalam eskavasi tanah kurang dari dua meter di lokasi Bukit Seguntang.

"Jadi Bukit Seguntang ini asset yang luar biasa, luasnya 16 hektar, berada di dataran paling tinggi dan di tengah Kota Palembang, punya nilai sejarah tinggi, tinggal bagaimana pengeolaanya agar lebih proesional," kata Alex.

Pemugaran Bukit Seguntang penting untuk menekankan pendekatan terhadap suasana asli pada masa sejarah dulu, termasuk penataan informasi rekontruksi runut sejarah ke pengunjung dengan konsep kontemplasi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Irene Camerelyn mengatakan pemugaran kawasan wisata Bukit SEguntang termasuk di dalamnya Galery merupakan bantuan KemenPU PR dengan anggaran Rp8 Miliar, dan belum sepenuhnya selesai.

"Tentu kawasan Bukit Seguntang ini punya daya tarik tersendiri sebagai wisata sejarah bernilai tinggi sehingga KemenPU PR mau membantu progres pemugaran, kami berharap semoga bantuan KemenPU PR juga merambah lokasi wisata yang lain,"ujar Irene.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help