Berita Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Resmikan Galeri Bukit Siguntang

Alex Noerdin meresmikan Galeri Bukit Siguntang yang berlokasi di situs wisata sejarah Bukit Siguntang, Selasa (26/6/2018).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Resmikan Galeri Bukit Siguntang
Dok. Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, meresmikan Galeri Bukit Siguntang yang berlokasi di situs wisata sejarah Bukit Siguntang, Selasa (26/6/2018).

Galeri tersebut akan memberikan kemudahan dan pengetahuan bagi wisatawan yang datang untuk mengetahui perkembangan dan sejarah Sumsel.

Isi Galeri Bukit Siguntang bisa disebut multikomponen side karena terdapat peninggalan masa Sriwijaya yang ditemukan berupa struktur batu bata, arca padat dan arca Sakyamuni, termasuk prasasti Bukit Siguntang serta keramik-keramik yang menjadi bukti adanya peribadatan karena terdapat guci-guci yang biasa dipakai para biksu, serta temuan keramik masa kesultanan karena Bukit Siguntang menjadi tempat persumpahan para Adipati yang berkumpul di Bukit Siguntang.

"Ini salah satu destinasi wisata, walaupun masih banyak hal yang mesti dibenahi tetapi gagasan ini bagus.”

“Dahulu tempat ini menjadi pusat agama Budha dan pada zaman kesultanan Palembang Darussalam merupakan tempat berkumpulnya para adipati-adipati," ungkap Alex Noerdin disela peresmian Galeri.

Alex Noerdin resmikan galeri bukit siguntang
Alex Noerdin resmikan galeri bukit siguntang (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

===

Lanjut Alex Noerdin, Bukit Siguntang merupakan situs wisata sejarah dan bentang alam tertinggi di Kota Palembang dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan untuk menarik wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara.

Menurutnya, penataan Bukit Siguntang harus terus berlanjut agar senantiasa menarik, aman, dan nyaman bagi wisatawan seperti pusat informasi, Galeri, Kedai-Kedai Kopi dan sebagainya yang bertujuan menampilkan sisi lain dari Bukit Siguntang sebagai destinasi wisata sejarah.

"Peresmian Galeri ini adalah langkah lompatan yang besar namun harus diiringi juga dengan SDM yang profesional.”

“Ini aset yang luar biasa seluas 16 Hektare di titik paling tinggi Kota Palembang.”

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help