Untuk Touring Jakarta-Bali Butuh Ratusan Kilogram Sampah Plastik

Dimas Bagus Widjanarko adalah aktivis lingkungan yang telah memulai tur Jakarta-Bali dengan Vespa lawas berbahan bakar sampah plastik.

Untuk Touring Jakarta-Bali Butuh Ratusan Kilogram Sampah Plastik
https://otomotif.kompas.com/
Dimas Bagus Widjanarko saat ditemui di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/5/2018). Dimas adalah aktivis lingkungan yang akan menempuh perjalanan sejauh 1.200 kilometer menyusuri Pulau Jawa dan Bali. menggunakan Vespa Super tahun 1977 yang menggunakan bahan bakar dari hasil pengolahan sampah plastik. (Kompas.com/Alsadad Rudi) 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Dimas Bagus Widjanarko adalah aktivis lingkungan yang telah memulai tur Jakarta-Bali dengan Vespa lawas berbahan bakar sampah plastik. Dimas memulai perjalanan dari Jakarta pada 19 Mei 2018, dan sudah tiba di Lumajang, Jawa Timur pada 5 Juni 2018.

Berita Lainnya:
Jika Tiap Rumah Punya Alat Ini, Masalah BBM dan Sampah Bisa Diatasi

Dimas menyebutkan, ada sekitar 100 kilogram sampah plastik yang telah diolahnya sebagai bahan baku BBM selama perjalanan. Bila diolah menjadi BBM, maka jumlahnya bisa mencapai 60 liter BBM dengan kadar oktan 82.

"100 kilogram setara 60 liter premium yang kadar oktannya 82. Kalau jadi minyak tanah malah bisa dapat 98 liter," kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (24/6/2018).

Sepanjang perjalanan, Dimas singgah di beberapa tempat, dari mulai Bogor, Bandung, Yogyakarta, Jepara, Karimun Jawa, Pati, Surabaya, dan Blitar.

Total jarak yang sudah ditempuhnya tercatat mencapai sekitar 1.300-an kilometer.

Menurut Dimas, dari Jakarta dirinya hanya berbekal 30 kilogram sampah. Sedangkan sisanya dikumpulkan dari beberapa kota yang disinggahi.

Vespa lawas yang digunakan Dimas dalam perjalanan touring Jakarta-Bali dengan bahan bakar sampah plastik. (Dimas Bagus WIdjanarko)

"Di Jakarta saya ngolah kurang lebih 30 kilogram. Sisanya sepanjang jalan di mana kita berhenti," kata Dimas.

Per 24 Juni 2018, Dimas sudah mulai melanjutkan kembali perjalanan ke Bali yang merupakan bagian dari kampanye #pedulisampahplastik yang dilakukan organisasinya, Gerakan Tarik Plastik (Get Plastic).

Ia dijadwalkan tiba di Sanur, Bali pada 30 Juni mendatang.

Penulis: Alsadad Rudi

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Butuh Ratusan Kilogram Sampah Plastik untuk Touring Jakarta-Bali

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help