Seperti Apa Soal Tes Psikologi untuk Permohonan SIM?

Tes psikologi jadi syarat baru yang diwajibkan Polda Metro Jaya bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM). Banyak masyarakat yang belum mengetahui

Seperti Apa Soal Tes Psikologi untuk Permohonan SIM?
https://otomotif.kompas.com/
Lokasi tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis (21/6/2018). (RIMA WAHYUNINGRUM) 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Tes psikologi jadi syarat baru yang diwajibkan Polda Metro Jaya bagi pemohon Surat Izin Mengemudi ( SIM). Banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai ujian ini khawatir seperti apa ujian psikologi tersebut.

Berita Lainnya:
PENTING! Mulai 25 Juni Pemohon Semua Golongan SIM Harus Ikuti Tes Psikologi

"Uji psikologinya sudah terkomputerisasi. Pemohon akan disuguhkan pernyataan tentang gambaran perilaku di dunia nyata. Pernyataan tersebut nanti apakah sesuai dengan dirinya (pemohon) atau tidak. Nanti di komparasikan dengan standar Peraturan Kapolri (Perkap)," ucap Psikolog Adi Sasongko dari Biro Psikologi Andi Arta, yang ditunjuk kepolisian untuk melakukan ujian ini saat dihubungi Jumat (22/6/2018).

Adi mengungkapkan pemohon SIM baru akan dihadapkan dengan 24 soal sedangkan untuk perpanjangan SIM akan dihadapkan dengan 18 soal. Ujian ini akan dikenakan biaya Rp 35.000.

"Kenapa perpanjangan lebih sedikit? Kalau secara logika dia sudah pernah berada di lapangan mengendarai kendaraan. Ini kita refresh saja apakah yang bersangkutan masih sesuai standar Perkap," ucap Adi.

Adi mengungkapkan untuk waktu pengerjaan, pemohon diberi waktu 30 detik untuk mengerjakan satu soal. Targetnya adalah 15 menit untuk segera dapat menyelesaikan soal-soal tersebut.

Kemudian pemohon segera dapat hasil uji psikologi tersebut yang hasilnya dilampirkan untuk permohonan SIM. Jika dalam uji psikologi hasilnya tidak sesuai, pemohon mendapatkan kesempatan untuk mengulang.

"Nanti sebelum mengulang kita beri penjelasan dan menerangkan kenapa mereka gagal. Kita beri edukasi, apa yang seharusnya dilakukan. Mengingatkan lagi," ucap Adi.

Saat ini gerai uji psikologi sudah didirikan dekat dengan layanan permohonan SIM. Mulai 21 Juni hingga 23 Juni, pihak kepolisian masih melaksanakan simulasi uji psikologi. Pada 25 Juni mendatang uji psikologi sudah mulai diwajibkan untuk seluruh jenis permohonan SIM.

Penulis: Setyo Adi Nugroho

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Seperti Apa Soal Tes Psikologi untuk Permohonan SIM?

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help