HUT Jakarta, Inilah Wisata Pantai Zaman Dulu di Jakarta

Di tengah tempat wisata terkini di Jakarta, tak disangka ternyata dahulu daerah ini merupakan wisata pantai masyarakat Jakarta.

HUT Jakarta, Inilah Wisata Pantai Zaman Dulu di Jakarta
actingme.blogspot.com
Pengunjung menikmati Pantai Muara Baru Jakarta Utara dengan mancing walau ikannya sekedar hanya menghibur saja. Panoramanya sangat menenangkan dan menyegarkan jiwa buat ngobrol baik tua atau muda menghabiskan waktu seharian. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Di tengah tempat wisata terkini di Jakarta, tak disangka ternyata dahulu daerah ini merupakan wisata pantai masyarakat Jakarta.

Cilincing, bibir pantai di utara Jakarta kerap dijadikan daerah wisata masyarakat Jakarta sebelum hingga sesudah era kemerdekaan Indonesia.

Berita Lainnya:
Sambut Libur Lebaran dan HUT Jakarta, Ancol Siapkan 4 Acara Ini

Berbeda dengan bibir pantai sebelah baratnya yang masih di Jakarta Utara, yaitu Tanjung Priuk sejak dahulu lebih dipilih menjadi kawasan perekonomian.

Pasir pantai yang luas dengan pemandangan yang asri membuat pantai di Cilincing dahulu jadi primadona wisata pantai masyarakat Jakarta.

Candha Adwitiyo, pemandu tur Jakarta Good Guide mengatakan dahulu sebelum menjadi pemukiman nelayan, dan belum ada Ancol sebagai pantai modern, Cilincing jadi wisata pantai masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

"Bisa dilihat di film Tiga Dara tahun 50-an karya Usmar Ismail, salah satu setting tempat wisatanya di Pantai Cilincing," terangnya kepada KompasTravel saat dihubungi, Kamis (21/6/2018).

Popularitas wisata di Pantai Cilincing diperkirakan sejak sebelum Indonesia merdeka, hingga mendekati tahun 1960-an, saat Jakarta mulai modern dengan wisata-wisata barunya, termasuk Ancol.

Sejarawan JJ Rizal mengatakan bahwa dahulu Cilingcing sebagai alternatif wisata pantai masyarakat Jakarta.

"Ya dulu Cilincing pusatnya wisata pantai buat orang Jakarta," tuturnya, saat dihubungi KompasTravel di hari yang sama.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help