Berita OKI

Pemkab OKI Konsisten Dukung & Lestarikan Midang Morge Siwe

Midang ini ada pada abad 16 merupakan proses penjemputan mempelai perempuan yang dilakukan mempelai laki-laki.

Pemkab OKI Konsisten Dukung & Lestarikan Midang Morge Siwe
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Plt Bupati OKI HM Rifai SE menyambut peserta Midang Morge Siwe di Pendopoan Kabupaten didampingi Kadin Pariwisata Ir Ifna Nurlela. 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Midang Morge Siwe merupakan tradisi masyarakat di Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang rutin diselenggarakan setiap tahun pada hari ke 3-4 Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini menjadi agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi masyarakatnya. Seperti halnya pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah, Minggu dan Senin (17-18/6/2018).

Midang dalam istilah masyarakat Kayuagung adalah sebuah kegiatan berjalan kaki dengan menggunakan pakaian adat perkawinan masyarakat Kayuagung, sedangkan bebuke artinya lebaran.

Awalnya, midang ini ada pada abad ke-16 yang merupakan persyaratan untuk menjemput mempelai perempuan yang dilakukan mempelai laki-laki yang masuk dalam adat istiadat perkawinan.

Seiring berjalannya waktu, midang ini terus mengalami perkembangan dan mulai tahun 1954 telah dilaksanakan midang bebuke morge siwe.

Para pesertanya melakukan arak-arakan pakaian adat perkawinan “Mabang Handak” (adat perkawinan kayuagung,red).

Ada belasan macam pakaian adat perkawinan yang ditutup dengan musik tanjidor.

Ribuan peserta midang yang berasal dari 11 kelurahan dalam Kecamatan Kota Kayuagung selama dua hari memadati jalan-jalan protokol dan menyeberangi Sungai Komering melalui jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kutaraya dengan Kelurahan Mangunjaya dan finish di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI.

Midang Morge siwe awalnya merupakan satu dari rangkaian adat perkawinan Mabang Handak (Burung Putih,red) masyarakat Kayuagung pada masa itu yang merupakan perkawinan dalam adat yang tertinggi di Morge Siwe (Sembilan Marga).

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved