Idul Fitri 1439 H

Lebaran Tiba, Warga Sungai Are OKUS Lestarikan Budaya Tradisional Pawai Obor Berhadiah

Momen Lebaran tiba masyarakat se-Kecamatan Sungai Are Kabupaten OKU Selatan (OKUS) selalu menantikan tradisi berupa pawai obor

Lebaran Tiba, Warga Sungai Are OKUS Lestarikan Budaya Tradisional Pawai Obor Berhadiah
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Puluhan anak dan Remaja di Salah satu Desa Kecamatan Sungai Are melakukan pawai menggunakan alat tradisional Obor, Kamis (14/6/2018) malam. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Momen Lebaran tiba masyarakat se-Kecamatan Sungai Are Kabupaten OKU Selatan (OKUS) selalu menantikan untuk melakukan tradisi budaya lama warga setempat berupa pawai obor

Hal ini dibuktikan pada malam takbiran menyambut hari Raya Idul Fitri 1439 H serta didukung tokoh adat dan budaya serta masyarakat daerah setempat.

Pantauan Sripoku.com dilokasi, Kamis (14/6/2018) malam, nampak puluhan warga masyarakat melakukan pawai dimulai dari kalangan anak-anak hingga remaja dengan membawa obor yang terbuat dari bambu seperti pada umumnya.

Ratusan peserta rombongan yang melakukan pawai dihiasi gemerlapan cahaya api yang menyala pada setiap obor. Mereka berjalan kaki cukup antusias sebab dibekali dengan kupon, yang berkesempatan mendapat hadiah undian.

"Selama ini biasanya pawai selalu dengan kompoi-kompoi menggunakan kendaraan dan mengelilingi desa - desa tetangga, tetapi untuk tahun kita mengadakan pawai obor dengan memberikan kupon undian berhadiah," tutur Karang Taruna, Elpin sebagai ketua karang Taruna Kecamatan daerah setempat yang juga sekaligus sebagai ketua pelaksana.

Ditambahkannya, pelaksanaan tradisi ini guna melestarikan budaya yang mulai menghilang yang dikhawatirkan terancam punah serta menghindari kompoi yang menggunakan kendaraan yang rawan terjadi kecelakaan.

"Peserta rata-rata anak-anak dan remaja tujuannya yakni agar terus melestarikan budaya dan tradisi yang pernah ada, serta guna mendidik untuk menghindari pawai kendaraan yang rentan terhadap bahaya kecelakaan," pungkasnya.

Baca: Momen Salat Ied, Bupati Muzakir Sai Sohar Pamitan dengan Masyarakat Muaraenim

Baca: Nyanyikan Lagu Deen Assalam, Putri Sule Banjir Pujian dari Netizen Merinding Dengernya

Baca: Salat Ied di Masjid Kiai Muara Ogan dan Tradisi Ambil Air Wudhu di Sungai Musi

Baca: Piala Dunia 2018, Seniman Ini Prediksikan Jerman Kembali Juara

Baca: Berkah Idul Fitri 1439 H, 807 Warga Binaan Lapas Kelas I Mata Merah Palembang Dapat Remisi

Baca: Salat Idul Fitri di Taman Kota Baturaja Berpayung Awan, Jemaah Khusyuk dan Nyaman 

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help