Jangan Lupa, Lakukan 7 Amalan Sunnah ini Di Hari Raya Idul Fitri, Nomor 5 Sering Lalai

dikarenakan pada hari raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Jum'at yang mana hari Jum'at merupakan hari yang Istimewa

Jangan Lupa, Lakukan 7 Amalan Sunnah ini Di Hari Raya Idul Fitri, Nomor 5 Sering Lalai

SRIPOKU.COM-- Besok, 15 Juni 2018 akan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H.

Umat muslim mulai bergembira menyambut datangnya hari raya Idul Fitri ini setelah selama 1 bulan berpuasa.
Di Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan terasa sangat berbeda daripada tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan pada hari raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Jum'at yang mana hari Jum'at merupakan hari yang paling baik daripada hari-hari yang lain.

Karena hari Raya Tahun ini jatuh pada hari Jumat, maka lakukanlah amalan-amalan berikut ini yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW:

1. Bangun pagi

Ilustrasi
Ilustrasi ()

Disunnahkan bangun pagi-pagi sekali karena agar kita lebih mempersiapkan segala suatu untuk berbagai keperluan hari raya, seperti mempersiapkan keperluan untuk shalat Idul Fitri agar datang lebih cepat dan tepat waktunya.

2. Mandi Pagi

Mandi Pagi disini adalah mandi sebelum berangkat untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

Ilustrasi
Ilustrasi ()

“Dari Malik dari Nafi’, ia berkata bahwa Abdullah bin Umar dahulu mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke mushalla (lapangan).” (HR. Malik)

Dalam atsar lain dari Zadzan, seseorang bertanya kepada ‘Ali radhiallahu ‘anhu tentang mandi, maka ‘Ali berkata: “Mandilah setiap hari jika kamu mau.”  Ia menjawab: “Tidak, mandi yang itu benar-benar mandi.” Ali radhiallahu ‘anhu berkata: “Hari Jum’at, hari Arafah, hari Idul Adha, dan hari Idul Fitri.” (HR. Al-Baihaqi, dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa`, 1-176-177))

Halaman
123
Penulis: ewis herwis
Editor: ewis herwis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help