Ini Daftar Lokasi Pemantauan Hilal 1 Syawal 1439 H di 34 Provinsi di Indonesia

Kementerian Agama RI kembali melakukan pemantauan hilal pada akhir Ramadhan kali ini. untuk menentukan penetapan awal bulan Syawal 1439 H

Ini Daftar Lokasi Pemantauan Hilal 1 Syawal 1439 H di 34 Provinsi di Indonesia
SRIPOKU.COM/ Rahmad Zilhakim
rukyatul hilal 

SRIPOKU.COM - Kementerian Agama RI kembali melakukan pemantauan hilal pada akhir Ramadhan kali ini. Pemantauan hilal (rukyatul hilal) tersebut dilakukan untuk menentukan penetapan awal bulan Syawal 1439 H. Adapun pemantauan dilakukan pada Kamis (14/6/2018) mendatang di 97 tutuk pemantauan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Selasa (12/6/2018). "Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439H," ujarnya.

Dilansir dari Breakingnews.co.id , Amin menjelaskan jika sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hadir pula perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

 
Menurutnya, proses sidang tersebut akan dimulai pada pukul 16.30 WIB yang diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama terkait dengan posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal. Adapun, proses sidang akan digelar setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. "Sidang itsbat akan berlangsung tertutup," ungkapnya. "Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang itsbat," sambungnya.

Berikut daftar lokasi pelaksanaan pemantauan hilal penetapan awal Syawal 1439 Hijriah:

ACEH
1. Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang
2. Aceh Utara / Lhokseumawe Bukit Tower PT Arun
3. Aceh Jaya Gunung Cring Cran

4. Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat
5. Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang
6. Simeulue Pantai Teluk Dalam
7. Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang

SUMATERA UTARA
1. Lantai IX Kantor Gubernur Sumut
2. Observatorium OIF UMSU

SUMATERA BARAT
Gedung Kebudayaan lantai 5 Dinas Kebudayaan

KEPULAUAN RIAU
Bukit Cermin

Halaman
1234
Editor: Budi Darmawan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help