Saatnya Mudik, Amankan Rumah dengan Tips-Tips Ini. Dijamin Gak Bakal Kepikiran

Banyak kemungkinan yang dapat terjadi ketika rumah ditinggal mudik, dari bahaya kemalingan hingga kebakaran tak jarang menjadi pikiran pemilik rumah.

Saatnya Mudik, Amankan Rumah dengan Tips-Tips Ini. Dijamin Gak Bakal Kepikiran
istimewa
Ilustrasi mudik lebaran menggunakan mobil pribadi. 

SRIPOKU.COM -  Lebaran sebentar lagi,  kebiasaan masyarakat kita jika lebaran adalah mudik pulang kampung . Ketika mudik biasanya seluruh anggota keluarga akan diajak, rumah pun akan kosong karena ditinggal oleh pemiliknya yang sedang mudik. Banyak kemungkinan yang dapat terjadi ketika rumah ditinggal mudik, dari bahaya kemalingan hingga kebakaran tak jarang menjadi bayang-bayang pemilik rumah.

Berikut tips-tips yang dapat di gunakan untuk mengantisipasi dan mengamankan rumah dari berbagai resiko yang mengahantui.

1. Pastikan Telah Mengunci Rumah

.
. ()

Sebelum mudik, pastikan rumah telah aman dengan mengunci pintu-pintu rumah. Mulai dari pintu depan hingga belakang. Jangan lupa untuk mengunci jendela, dan tempat terbuka yang menghubungkan rumah dan lingkungan luar. Pastikan semuanya aman, jangan lupa untuk mnggembok pagar atau gerbang rumah. Tambahkan kunci ganda apabila diperlukan.

2. Mencabut Selang dari Tabung Gas dan Kompor

.
. ()

Mencabut selang dari tabung gas dan kompor, hal tersebut untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran. Pastikan pula gas tidak bocor, sehingga kemungkinan terjadinya kebakaran saat rumah ditinggal juga terhindarkan. Apabila tabung gas bocor, baiknya tempatkan pada ruang terbuka di rumah anda. Karena di tempat terbuka gas akan netral di udara.

3. Mencabut Kabel Listrik

.
. ()

Salah satu penyebab kebakaran adalah dari korsleting listrik. Untuk menghindarinya, dapat dilakukan dengan cara mencabut kabel listrik dan mengosongkan stop kontak. Pastikan aliran listrik yang tidak digunakan dalam keadaan mati.

Misalnya dengan mencabut kabel alat elektronik di stop kontak yang tidak digunakan. Antara lain, kabel sambungan ke kipas angin, komputer, dispenser, televisi dan radio. Lebih baik satu stop kontak digunakan untuk satu alat elektronik. Selain aman dari resiko kebakaran akibat korsleting listrik, juga akan menghemat pembayaran listrik bulanan.

4. Koordinasi dengan RT/ RW setempat

Sebelum mudik, pastikan untuk berkoordinasi dengan RT/ RW setempat. Koordinasikan mengenai keamanan lingkungan dan lain sebagainya selama rumah ditinggal mudik. Jangan lupa pula untuk memberitahu kepada RT/RW tentang berapa lama anda akan mudik.

5. Titipkan Rumah Pada Tetangga Yang Tidak Mudik

Anda juga dapat menitipkan rumah kepada tetangga sebelah rumah yang tidak mudik dan tentu saja tetangga yang bisa dipercaya. Jangan lupa untuk meminta nomor teleponnya agar bisa tetap berkomunikasi.

6. Memasang Alarm dan CCTV 

,
, ()

Memasang Alarm dan CCTV sah-sah saja untuk keamanan ekstra, hal tersebut tentu saja untuk menghindari masuknya penjahat dan mengetahui siapa saja yang ingin bertamu ke rumah anda saat mudik.

Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help