Berita Palembang

Kampung Cempaka 26 Ilir Palembang Raih Juara Pertama Lomba Kampung Hias Asian Games

Kampung Jalan Cempaka Kelurahan 26 Ilir berhasil menempati posisi pertama dalam ajang perlombaan kampung hias Asian Games 2018.

Kampung  Cempaka 26 Ilir Palembang Raih Juara Pertama Lomba Kampung Hias Asian Games
IST
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat memberikan hadiah pada pemenang lomba kampung hias Asian Games. 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dari 72 kampung yang tersebar di 18 Kecamatan di kota Palembang, Kampung Jalan Cempaka Kelurahan 26 Ilir berhasil mengalahkan kompetitor pesaingnya dan menempati posisi pertama dalam ajang perlombaan kampung hias Asian Games 2018.

Menurut Perwakilan Juri Kampung Hias Asian Games, Zuriati, Kampung Jalan Cempaka dinobatkan sebagai pemenang karena memenuhi 6 komponen yang jadi penilaian lomba kampung hias, yakni kreativitas, antusias, kelengkapan, kerapian, kebersihan dan penghijaun. Selain melihat keindahan, juga dilihat bahan yang digunakan untuk menghias kampung ramah lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas.

"Jadi pokok penilaiannya itu tidak hanya indah. Tapi juga ramah lingkungan," jelasnya, Selasa (12/6/2018)

Saat melakukan penilaian, pihaknya mengaku cukup kesulitan. Lantaran kreatifitas serta hiasan yang dibuat masing-masing peserta sangat bagus. Bahkan, poin antara juara satu hingga favorit berbeda tipis.

"Dari semua peserta, Kampung Cempaka memang yang terbaik," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin mengatakan lomba kampung hias Asian Games merupakan bentuk sosialisasi terhadap perhelatan Asian Games 2018, Pemprov Sumsel pun dalam hal ini bekerjasama dengan Pemkot Palembang.

Menurut Alex, Asian Games menjadi momen penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana perhelatan akbar olahraga se-Asia dihelat sekitar 50 tahun silam.

"Momen Asian Games ini menjadi momen kebangkitan bagi bangsa Indonesia. Dan Sumsel menjadi pencetak sejarah karena berhasil menjadi tuan rumah bersama Jakarta," ujarnya.

Ditambahkan, Pj Walikota Palembang, Akhmad Najib, perhelatan Asian Games tinggal menghitung hari. Sehingga butuh sosialisasi yang masif agar perhelatan ini bisa terselenggara dengan sukses.

"Sosialisasi masih terus lakukan hingga ke pelosok kota Palembang. Sehingga nantinya saat perhelatan, gema perhelatan Asian Games bisa terasa di Palembang selaku tuan rumah," ungkapnya.

Najib menjelaskan kota Palembang juga terus melakukan pembenahan. Mulai dari pembangunan taman, penambahan ruang terbuka hijau, pemasangan lampu hias di sepanjang jalan protokol serta perbaikan sejumlah destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh tamu serta official peserta Asian Games.

Selain Kampung Jalan Cempaka 26 Ilir, Juara 2 diraih Lorong Mari Rt 02 Plaju dan Juara 3 diraih Kampung Jalan Taman Sari Rt 02 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar.

Ketiga kampung pemenang lomba berhak mendapatkan 6 ekor sapi dengan pembagian Juara pertana mendapat 3 ekor sapi. Juara kedua mendapat 2 ekor sapi dan juara ketiga mendapat 1 ekor sapi. (Cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help