Berita Palembang

Disaksikan Seniman & Penggiat Sejarah, Sarimuda Teken 6 Poin Usulan Komunitas Budaya Ibu Melayu

Ir Sarimuda Sarnubi, Calon Walikota Palembang memenuhi janjinya dengan menandatangani 6 poin Komitmen Kebudayaan yang diusulkan

Disaksikan Seniman & Penggiat Sejarah, Sarimuda Teken 6 Poin Usulan Komunitas Budaya Ibu Melayu
KOLASE SRIPOKU.COM/AMINUDDIN
Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Vebri Al-Lintani dan Calon Walikota Palembang, Sarimuda seuai penekenan 6 poin usulan KBIM 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Ir Sarimuda Sarnubi, Calon Walikota Palembang memenuhi janjinya dengan menandatangani 6 poin Komitmen Kebudayaan yang diusulkan oleh Komunitas Budaya Ibu Melayu (KBIM) menjelang buka bersama di kediaman pribadinya pada Minggu (10/6/2018) lalu.

Penandatanganan ini disaksikan oleh para seniman, penggiat sejarah dan budaya serta seluruh komunitas relawan pendukung kandidat nomor urut dua ini.

Menurut Sarimuda, penandatanganan komitmen ini merupakan bentuk kesungguhannya dalam mengembangkan seni budaya yang selama ini nyaris tidak mendapat perhatian pemerintah Kota Palembang.

"Saya sangat paham bagaimana seharusnya membangun sebuah kota internasional yang modern dengan tidak meninggalkan unsur kebudayaan, terutama kebudayaan lokal. Oleh karena itu, 6 poin yang disodorkan oleh Komunitas Budaya Ibu Melayu saya setujui semua untuk diwujudkan jika nanti saya menjadi Walikota’, kata Sarimuda dalam sambutannya.

Adapun 6 poin komitmen tersebut meliputi penerbitan regulasi atau payung hukum yang terkait dengan kebudayaan, pembangunan gedung kesenian, dan lembaga adat, pendi dikan seni, pemunculan identitas Palembang Darussalam, pembinaan dan pementasan seni secara rutin di BKB dan tempat strategis lainnya.

Baca:

Idolakan Zinedine Zidan, Makan Konate Unggulkan Prancis di Piala Dunia 2018

Anda Sulit Hamil? Konsumsilah Secara Rutin Buah Warisan Sunan Muria Ini, Lebih Banyak Manfaatnya

Ketua DKP Vebri Al Lintani yang di dampingi para anggota KBIM Ali Goik, Marta Astra, Edwin Fast, Anto ni mengucapkan terima kasih kepada Sarimuda.

"Peristiwa ini merupakan hal yang pertama dalam sejarah pencalonan kepala daerah di Palembang. Ibarat berpantun telah bersahut, dengan cerdas bapak Sarimuda menjawab keinginan para penggiat seni budaya. Tentu ini menambah keyakinan kami terhadap good will bapak Sarimuda. Apa yang dilakukan oleh Sarimuda ini begitu konkret dan akan ditagih setelah beliau dilantik nanti” ujar Vebri.

Para seniman, tambah Vebri, tidak mudah menentukan pilihan, meskipun lebih banyak bermain perasaan tetapi dalam hal memilih lebih banyak berdasarkan rasionalitas.

"Kami telah menghabiskan waktu yang lama mendiskusikan bagaimana mencari pemimpin yang peduli terhadap kebudayaan. Dari beberapa kandidat, tampaknya baru Pak Sarimuda yang paham terhadap apa yang kami butuhkan. Semoga para penggiat budaya, seniman, dan sejarawan dapat mengerti bahwa perjuangan KBIM bukan untuk kepentingan pribadi atau posisi para anggota tapi kepentingan pemajuan kebudayaan yang lebih luas,” tandas Vebri.(*)

Penulis: Aminudin
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help