Mobil Boleh Murah, tapi Perawatan Harus Optimal

Urusan mempunyai mobil tak hanya sekadar menyalakan mesin dan mengemudikannya. Banyak komponen lain yang harus diperhatikan,

Mobil Boleh Murah, tapi Perawatan Harus Optimal
www.autoparkniagara.ca
Tune-up Mobil. 

SRIPOKU.COM - Urusan mempunyai mobil tak hanya sekadar menyalakan mesin dan mengemudikannya. Banyak komponen lain yang harus diperhatikan, utamanya menyangkut perawatan untuk menjaga kualitas dan performa mobil itu sendiri.

Perawatan yang dilakukan pun tak bisa asal. Sebab, akan berdampak pada seberapa panjang usia mobil bisa tetap layak pakai.

Berita Lainnya:
Antisipasi Lonjakan Customer, Daihatsu Buka Bengkel Siaga Lebaran

Hal itu tidak hanya berlaku bagi mobil mewah dengan harga mentereng. Mobil murah atau sering disebut Low Cost Green Car ( LCGC) juga harus memiliki perawatan rutin.

Kalau perawatannya cenderung asal, performa si kuda besi pun akan berkurang. Bahkan lebih parahnya, mobil tak bisa lagi dijalankan.

Bila saat itu tiba, siap-siap saja tagihan untuk memperbaiki mobil akan menghantui Anda. Nominalnya bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan mereka yang rutin melakukan perawatan pada mobilnya.

Satu-satunya cara agar tak mengalami hal itu adalah melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin. Soal biaya masih bisa disiasati. Ingat, pada dasarnya merawat mobil tak selalu harus pergi ke bengkel, Anda juga bisa melakukannya sendiri.

Untuk memulainya, simak ulasan perawatan mobil berikut.

1. Cek kondisi aki
Aki pada mobil berperan vital terhadap sistem starter. Hal ini dikarenakan aki bertugas menyimpan dan memasok energi listrik kepada mobil.

Untuk perawatannya, aki mobil dibagi menjadi dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. Untuk aki basah, Anda bisa mengukur tingkatan airnya. Paling tidak cek setiap seminggu atau dua minggu sekali dan pastikan kondisi air tidak kurang.

Halaman
1234
Tags
LCGC
Mobil
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved