Berita Palembang

42 Ribu Tiket Kereta Api Ludes Terjual, Masyarakat Mulai Nyaman Menggunakan Moda Transportasi KA

“Sekarang memang Kereta Api menjadi kendaraan favorit karena sudah tepat waktu berbeda dengan tahun sebelumnya,"

42 Ribu Tiket Kereta Api Ludes Terjual, Masyarakat Mulai Nyaman Menggunakan Moda Transportasi KA
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Penumpang yang tiba di stasiun kereta api Kertapati Palembang, Jumat (8/6) 

Laporan wartawan sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Mudik menggunakan kereta api mulai menjadi favorit masyarakat terutama di Sumsel. Lantaran, ketepatan waktu, kenyamanan dan keamanan yang diberikan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Terlihat pantauan SRIPO di stasuin Kereta Api Kertapati Palembang, Jumat (8/6).

Antusias masyarakat yang ingin mudik dan datang dari luar kota, sekitar pukul 17.00 WIB ratusan pengguna kereta api tujuan Lubuklinggau - Palembang sampai ketujuan.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, saat ini tujuan kedatangan dan keberangkatan yang paling banyak adalah Palembang-Tanjung Karang, Tanjung Karang-Palembang, dengan angka kumulatif 1000 hingga 4000 penumpang.

“Sekarang memang Kereta Api menjadi kendaraan favorit karena sudah tepat waktu berbeda dengan tahun sebelumnya yang sering adanya keterlambatan,” Jelasnya saat ditanyai, Jumat (8/6).

Untuk Keberangkatan Penumpang Wilayah Divre III Palembang berjumlah 2.799 Penumpang, dengan Komulatif Keberangkatan H -10 sampai dengan H-9 sebanyak 7.709 Penumpang, dan untuk kedatangan Penumpang Wilayah Divre III Palembang berjumlah 1.905 Penumpang, dengan angka Komulatif Kedatangan H-10 sampai dengan H-9 sebanyak 4.990 Penumpang.

"Hendy menjelaskan, masa angkutan lebaran tahun ini dimulai tanggal 5 Juni sampai tanggal 26 Juni 2018. Prediksi lonjakan penumpang dimulai pada H-5 di setiap jurusan karena sudah memasuki masa cuti bersama,"ujarnya.

Lanjutnya lagi, saat ini tempat duduk yang terjual dari H-10 sampai H+9 Idul Fitri tiket yang teljual sudah sekitar 81persen.

Kereta kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat karena dengan harga terjangkau, penumpang merasa nyaman, ac, tidak ada penumpang yang merokok di dalam kereta dan kemudahan dalam membeli tiket.

"Artinya, tersisa 19 persen lagi tiket yang masih ada itu data hari Rabu (6/6), kalau ditotal saat ini masih cukup, sekitar 10 ribu tiket yang tersisa, ingat itu bukan yang 19 persen,"jelas perempuan berjilbab itu.

Untuk tiket KA ekonomi Rajabasa dan Serelo telah habis untuk keberangkatan 6 sampai 25 Juni 2018.

Untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah habis di tanggal-tanggal tertentu. Tidak ada kenaikan harga tiket karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis PT KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas sedangkan kereta ekonomi tetap mengacu skema PSO dari pemerintah.

“Kami juga akan menambah petugas keamanan karena semakin banyak orang tentunya keamanan sedikit berkurang. Jadi kami akan tambah petugas dengan bekerja sama TNI dan Polri, insya Allah tidak ada lagi kendala dan semua sudah siap, kami berharap arus mudik dan balik KAI berjalan lancar dan aman,” tutupnya.(mg4)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved