Home »

Video

NEWS VIDEO SRIPO

Langgar Aturan KPU Panwaslu Razia Alat Peraga Kampanye Paslon Gubernur dan Walikota

Panwaslu menemukan APK paslon Wali Kota Palembang dan Gubernur Sumatera Selatan melanggar aturan KPU.

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - Panitia Pengawas Pemilu Kota Palembang banyak menemukan Alat Peraga Kampanye (APK)  pasangan calon Wali Kota Palembang dan Gubernur Sumatera Selatan melanggar aturan KPU.

Para anggota Panwaslu dibantu petugas Satpol PP Kota Palembang menurunkan dan membongkar paksa banner, pamflet paslon yang menempel pada  pohon-pohon, tiang listrik, tiang telepon dan halte di jalan-jalan protokol.

"Kami sudah tiga hari terakhir menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) para paslon wali kota mapun gubernur yang melanggar aturan PKPU nomer 4 tahun 2017 tentang kampanye, dimana banyak APK calon yang tempatnya tidak difasilitasi KPU, sedangkan yang difasilitasi berupa billboard, umbul-umbul, dan spanduk," Kata Ketua Panwaslu Kota Palembang M. Taufik saat menertibkan APK, Rabu (06/06/2018) malam.

Hasil penertiban tiga hari terakhir pihaknya sudah mencopot ribuan APK jenis banner, pamflet, poster paslon wali kota dan gubernur, diprediksi akan terus bertambah seiring dengan banyaknya temuan pelanggaran.

Selain melanggar aturan KPU dan Perda, menurut M. Taufik APK yang dicopot juga mengganggu aspek keindahan Kota dan pihaknya tidak tebang pilih dalam penertiban, karena para paslon sebelumnya sudah diberikan peringatan untuk menaati aturan pemasangan APK.

Dia menjelaskan pihaknya bersama Satpol PP akan terus menertibkan APK ilegal di semua wilayah sampai puncak masa tenang 24 Juni 2018 serta memberikan teguran kepada paslon atau tim kampanye jika melanggar.

"Kami menghimbau kepada paslon agar menurunkan sendiri  APK yang tidak sesuai aturan KPU, kalau masih ada yang melanggar kami cabut paksa," Ujar M. Taufik.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Palembang Alex Fernandus menambahkan  pihaknya akan terus membantu Panwaslu menertibkan APK yang melanggar aturan KPU.

"Kami bersama Panwaslu terus menertibkan APK yang menempel di Pohon, tiang listrik, tiang telepon, selain itu penertiban sengaja pada malam hari agar tidak menimbulkan kemacetan," tambah Alex Fernandus.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help