Berita OKU Timur

Zakat Fitrah di Kabupaten OKU Timur 2,5 Kg Beras dan Uang Rp 22.500

Bagian Bimmas Islam OKU Timur resmi mengumumkan penentuan standarisasi nilai zakat fitrah tahun 2018 M sebesar Rp. 22.500.

Zakat Fitrah di Kabupaten OKU Timur 2,5 Kg Beras dan Uang Rp 22.500
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Kantor Kemenag OKU Timur saat melakukan rapat penetapan zakat Fitrah. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten OKU Timur melalui Bagian Bimbingan Masyarakat Islam resmi mengumumkan hasil penentuan standarisasi nilai zakat fitrah tahun 1439 H/ 2018 M sebesar Rp. 22.500.

Sebelum menentukan nilai zakat fitrah, pihak Kankemenag terlebih dahulu mengadakan rapat bersama perwakilan Kabag Kesra OKU Timur, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Basnaz OKU Timur dan sejumlah Ormas Islam lainnya yang ada di OKU  Timur.

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang PPID Kankemenag OKU Timur yang dipimpin langsung oleh Kakankemenag H. Abdul Rosyid, SAg MM MSi didampingi Kasubbag Tata  Usaha dan seluruh Kasi dilingkungan Kankemenag OKU Timur.

Kepala Kankemenag OKU Timur Abdul Rosyid mengatakan, dirinya meminta agar apa yang menjadi hasil keputusan rapat bersama tersebut agar dapat dijadikan acuan besarnya nilai zakat fi trah tahun 2018.

Bahkan,  dirinya berharap bisa menjadi dasar dalam rangka menyamakan persepsi antara organisasi masyarakat Islam dalam menentukan besaran zakat  fitrah tahun 1439 H / 2018 M.

Selain itu kata dia, keputusan bersama yang telah dihasilkan memberikan satu kesatuan dalam umat Islam
warga OKU Timur.

“Dari hasil rapat kemudian ditetapkan beberapa keputusan diantaranya zakat fitrah berbentuk uang sebesar Rp. 22.500. per jiwa. Sementara untuk zakat fitrah berupa beras yakni sebesar 2,5 Kg per jiwanya,” terangnya.

Dikatakan, pengelolaan zakat fitrah hendaknya dapat mengacu pada syari’at Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Khususnya tentang siapa saja yang berkewajiban zakat atasnya dan golongan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah.

“Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tamu undangan serta ormas islam yang ikut serta dan berperan dalam menentuan penetapan zakat fitrah pada tahun ini. Semoga dengan adanya keputusan ini tidak ada lagi masyrakat yang bertanya-tanya jumlah dan nilai besaran zakat fitrah tahun ini,” harapnya. (hen).

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help