Ramadan 2018

Berbedanya Perilaku Masyarakat Indonesia Ketika Puasa

Setiap tahunnya, selalu ada tren baru di kalangan anak muda yang dilakukan sembari menunggu waktu buka puasa.

Berbedanya Perilaku Masyarakat Indonesia Ketika Puasa
foto.metrotvnews.com
Ponsel Al-Quran. 

SRIPOKU.COM - Setiap tahunnya, selalu ada tren baru di kalangan anak muda yang dilakukan sembari menunggu waktu buka puasa. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini aktivitas yang tren kebanyakan ‘akrab’ dengan dunia digital.

Berita Lainnya:
Mengungkap Rahasia Malam Lailatul Qadar dan Berikut Jadwalnya, Ingat Amalan Ini!

Mulai dari membuat vlogging, menonton webseries, bermain game, membaca komik atau ebook secara online, hingga berseluncur di situs belanja online yang kian menjadi ‘primadona’ saat bulan puasa.

Aktivitas di atas semakin meningkat sebab masyarakat mulai mengurangi ruang gerak fisik mereka. Tambah lagi, perilaku konsumsi masyarakat, menurut Brand Marketing Shopee Indonesia, Rezki Yanuar, juga sangat berbeda.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Rezki, masyarakat kini bangun lebih pagi dan mengurangi aktivitas di siang hari yang membuat mereka mengalihkannya pada kegiatan berbau digital, contohnya seperti membuka situs belanja online.

Bahkan, menurut Rezki, traffic situsnya meningkat sebesar lima kali lipat di bulan puasa, terutama pada jam sahur yakni 03.00-05.00 dan waktu ngabuburit yakni jam 15.00 dan 17.00. “Dibandingkan hari biasa lima kali lipat naiknya,” ujar Rezki.

Menjelang waktu berbuka puasa, aktivitas seperti ini, ungkap Rezki, juga semakin meningkat. “Mereka menunggu dan punya waktu browsing lebih lama,” ujar Rezki.

Apalagi menurutnya, aktivitas membuka situs belanja online semakin menggeliat berkat adanya pemasukan tambahan yakni Tunjangan Hari Raya (THR), dan mulai berpindahnya cara berbelanja masyarakat yang kini lebih menyukai berbelanja online, serta beragamnya promo yang ditawarkan situs belanja online.

Tampil Berbeda
Tak hanya memberikan beragam promo pada masyarakat, salah satu ecommerce Indonesia, yakni Shopee memberikan pengalaman yang unik dan berbeda bagi penggunanya.

Tidak hanya bisa digunakan untuk berbelanja, lewat situs dan aplikasinya, Shopee menghadirkan fitur innovatif berbasis game yang diberi nama Goyang Hujan Emas.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help