Berita Muaraenim

Lapas Muaraenim Buka Bersama Warga Binaan dan Keluarganya

“Senang sekali bisa berbuka dengan anak saya disini. Kami merasa masih punya keluarga dan diperhatikan," ujarnya.

Lapas Muaraenim Buka Bersama Warga Binaan dan Keluarganya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak warga Binaan bersama keluarganya dan petugas Lapas Muaraenim melakukan buka bersama di lapas klas II B Muaraenim, Selasa (5/6). 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM--- "Kami sangat berterimakasih sekali, karena baru tahun ini, kami boleh berbuka bersama dengan keluarga," ujar Yanhar (55) salah seorang warga binaan Lapas Muaraenim, Selasa (5/6/2018).

Menurut Yanhar, pihaknya sangat gembira dan senang bisa berbuka dan bertemu dengan keluarga. Jika bisa, kedepan kegiatan ini bisa ditingkatkan, karena bisa mengobati rasa rindu kami.

“Senang sekali bisa berbuka dengan anak saya disini. Kami merasa masih punya keluarga dan diperhatikan," ujarnya.

Sementara itu menurut Kalapas Klas II B Muaraenim Rudik Herminanto didampingi Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), pelaksanaan buka puasa antara warga binaan dan keluarga ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan kepada seluruh Lapas yang ada di Indonesia.

Dengan tujuan supaya psikis warga binaan bisa lebih terjaga karena merasa masih ada keluarga yang memperhatikan mereka, dan mereka merasa tidak terbuang dari keluarga.

Selain itu, bisa meningkatkan silaturahmi antara keluarga warga binaan dengan petugas Lapas serta bisa juga membantu petugas untuk bisa menjaga emosional dari warga binaan.

Masih dikatakan Rudik, kedepan jika kegiatan mempunyai dampak positif, aman, tertib, mereka akan menggelar lebih sering terutama dibulan puasa. Dan jika diperiksa sangat ketat, pihaknya mohon maaf.

“Ini memang sudah SOP kita dalam memeriksa dan mengecek seluruh bawaan dari pengunjung. Jadi bila ada ketidaknyamanan kami mohon maaf,” tukasnya.

Saat ini, kat Rudik, jumlan warga binaan Lapas Muaraenim sebanyak 1022 orang, baik itu dari Kabupaten Muaraenim maupun Kabupaten PALI. Sedangkan kapasitas Lapas Muaraenim adalah 486 orang.

Dari pantau dilapangan dari pukul 17.00-1900, tampak puluhan anak-anak ceria berlarian didalam Lapas seperti dirumah sendiri, mereka lupa jika sedang dalam penjara.

Teriakan keras dan wajah ceria serta gembira terlihat dari puluhan anak-anak yang berlarian ditengah lapangan utama Lembaga Pemasyarakatan Klass IIB Muaraenim.

Dan tak lupa ratusan anggota keluarga bercengkrama dengan warga binaan, melepas kangen sambil makan bersama yang mereka bawa dari rumah masing-masing. (ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help