Berita Muba

KPU Muba Mulai Melakukan Pelipatan Surat Suara untuk Pilgub Sumsel

Sebanyak 444.807 lembar surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel untuk Kabupaten Muba mulai dilakukan pelipatan.

KPU Muba Mulai Melakukan Pelipatan Surat Suara untuk Pilgub Sumsel
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Proses pelipatan surat suara Pilgub Sumsel yang dilakukan oleh pegawai KPUD Muba. 

Laporan wartawan sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Setelah sejumlah surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel datang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba.

Kini sebanyak 444.807 lembar surat suara yang diperuntukkan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel pada Juni mendatang mulai melakukan pelipatan surat suara.

“Ya, pada hari ini kita mulai melakukan pelipatan surat suara. Pelipatan surat suara ini dilakukan beberapa tahap sampai beberapa hari kedepan,”kata Ketua KPU Muba, Ahmad Firdaus Marvels, Selasa (29/5/18).

Lanjutnya, beberapa waktu yang lalu pihaknya menerima surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 untuk wilayah Kabupaten Muba sebanyak 223 kotak, terdiri dari 222 kotak dengan isi 2.000 lembar dan 1 kotak dengan isi 807 lembar. 

“Setelah dilakukan pelipatan kertas suara akan langsung dilakukan penyimpanan kembali, sebelum dijadwalkan untuk didistribusikan bersama logistik Khusus untuk surat suara yang ditemukan rusak, maka akan dibuatkan berita acara,”ungkapnya. 

Surat suara yang telah dimasukkan kedalam kotak akan kembali disimpan digudang dengan terlebih dahulu dilakukan penyegelan dan akan digembok agar keamanan terjamin dan tidak terjadi kerusakan terhadap surat suara.

“Penjagaan ini dilakukan oleh pihak kepolisian,”jelasnya.

Sementara, Kabag Ops Polres Muba, Kompol Erwin S Manik, mengatakan, pihaknya menerapkan pengamanan ketat dan 24 jam terhadap KPU Muba termasuk pengamanan surat suara dan logistik lainnya. 

“Setiap harinya ada anggota yang menjaga bergantian selama 24 jam, pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif selama tahapan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel,"ujarnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved