Berita Muaraenim

Tak Puas dengan Pelayanan Publik? Rakyat Bisa Mengadu Melalui Online SP4AN-LAPOR!

Di Provinsi Sumsel sudah ada enam Kabupaten/Kota yang sudah terhubung ke SP4N Sumsel yakni Prabumulih, OKI, OKU, OI, Banyuasin dan Palembang.

Tak Puas dengan Pelayanan Publik? Rakyat Bisa Mengadu Melalui Online SP4AN-LAPOR!
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Untuk memberikan pelayanan yang prima dan menyerap aspirasi masyarakat secara maksimal, Pemkab Muaraenim akan membuka pengaduan secara online dan terpadu melalui sistem SP4N - LAPOR! (Sistim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), Jumat (18/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Untuk memberikan pelayanan yang prima dan menyerap aspirasi masyarakat secara maksimal, Pemkab Muaraenim akan membuka pengaduan secara online dan terpadu melalu sistem SP4N - LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

"Ini nanti bukan Pemkab Muaraenim saja, tetapi seluruh instansi pemerintahan, BUMN/BUMD di Indonesia," kata Kurniawan Advisor Provinsi Transformasi - GIZ pada kegiatan Sosialisasi SP4N - LAPOR! di depan ratusan Sekrtaris dan Operator se-Kabupaten Muaraenim di ruang rapat Serasan Sekundang Muaraenim, Jumat (18/5/2018).

Baca: Astaga, Terlalu Vulgar! 3 Film Kartun Ini Bukan untuk Anak-anak, Termasuk Spongebob!

Menurut Kurniawan yang didampingi Kasi Pelayananan Media dan Informasi Publik Dinas Kominfo Sumsel Azim Baidillah mengatakan bahwa tujuan SP4N ini adalah agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.

Kemudian penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dikatakan Kurniawan, saat ini, di Provinsi Sumsel sudah ada enam Kabupaten/Kota yang sudah terhubung ke SP4N Sumsel yakni Prabumulih, OKI, OKU, OI, Banyuasin dan Palembang.

Baca: Jadwal Imsyakiyah 3 Ramadan 1439 H/19 Mei 2018 untuk Wilayah Kota Palembang dan Sekitarnya

Sedangkan 11 kabupaten/kota lainnya yang belum terhubung ditargetkan pada tahun 2018 ini sudah terhubung semua.

Dan jika itu terwujud, maka Provinsi Sumsel mungkin yang pertama di Indonesia yang kabupaten/kotanya terkoneksi.

"Koneksi itu adalah baru langkah awal, setelah itu masih panjang, akan ada pelatihan dan lain-lain," ujar Kurniawan.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kominfo Muaraenim Ardian Arifanardi, bahwa nantinya Kominfo akan melayani atau menjadi admin pengaduan, humas lebih cenderung ke promosi, dan Inspektorat ke bagian penindakannya seperti di Sumsel saat ini. Namun itu baru rencana, dan akan dicari formula yang benar-benar pas.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help