Berita OKI

Polres OKI Amankan Dua Pelaku Pungli Terhadap Sopir Truk

"Oob dan Aba diamankan ketika berada di Jalintim yang saat itu, padat kendaraan angkutan barang yang melintas depan posnya.

Polres OKI Amankan Dua Pelaku Pungli Terhadap Sopir Truk
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Dua tersangka yang berhasil diamankan oleh jajaran Polsek Kayuagung, karena telah melakukan pungli terhadap kendaraan angkutan barang yang melintas di Jalintim Kayuagung OKI. 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Setelah dihapusnya tulisan, kode, logo tanda di bak kendaraan angkutan barang oleh Kapolres OKI didampingi Pemerintah Daerah (Pemda), masih saja pelaku pungutan liar (Pungli) di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kayuagung.

Para tersangka yang menyamar sebagai pengatur lalulintas jalan, bak satuan lalulintas itu diketahui oleh anggota Polsek Kayuagung, yang sedang berpatroli.

Sehingga kawanan pemalak berhasil diamankan. Namun, koordinator peminta uang jalanan hingga kini melarikan diri dan belum ditangkap.

Tersangkanya yakni bernama, Oob (24) dan Aba (23) keduanya warga Kayuagung yang membuka pos pantau di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Celikah Kecamatan Kayuagung, tak jauh dari Terminal Tipe A Kayuagung, berhasil diamankan ke Mapolsek Kota Kayuagung, Jumat (18/5/2018).

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kapolsek Kayuagung AKP Feriyanto SH menekankan kepada pelaku pungli di sepanjang jalan lintas timur Kayuagung, untuk berhenti melakukan aktivitasnya di jalan.

Apabila terlihat oleh anggota polisi, dipastikan Anda akan diamankan di kantor polisi karena telah membuat resah para pengendara kendaraan angkutan barang.

"Saya perintahkan kepada seluruh personil kepolisian Polres OKI, untuk mengawasi dan menindak para pelaku pungli jalanan," tegas AKBP Ade Harinato.

Ditambahkan Kapolsek Kota Kayuagung didampingi Kanit Reskrim Ipda Yogi Melta SSos mengatakan, setelah penghapusan kode berbagai merek di bak kendaraan angkutan barang oleh kapolres, Pihaknya telah mengamankan 2 orang tersangka yang baru diduga melakukan pungli di Jalintim Desa Celikah Kayuagung.

Mereka melakukan aksinya berpura-pura mengatur jalan. Lalu melihat kode yang tercap di bak mobil. Apabila ada kode mereka para sopir dimintai uang setoran sebagai jasa pengawasan selama melintas di Jalintim.

"Oob dan Aba diamankan ketika berada di Jalintim yang saat itu, padat kendaraan angkutan barang yang melintas depan posnya. Padahal, di jalan tak ada kemacetan ataupun kendaraan yang rusak," tutur AKP Feriyanto setelah di croscek anggota patroli ternyata tersangka dan diamankan tanpa perlawanan.

Sementara itu, kedua tersangka mengakui bahwa telah menghentikan kendaraan angkutan barang yang melintas.

"Kami minta uang bukan tak beralasan, kami juga siap membantu dan menolong para sopir di jalan apabila kendaraan mereka rusak atau habis minyak," tandasnya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help