Ramadan 20118

Pesantren Ramadan Kiai Marogan Tingkatkan Kualitas Bacaan Alquran, Kedepankan 3T

Guna meningkatkan kualitas membaca Alquran bagi santri, Pondok Pesantren Tahfidz Kiai Marogan Palembang

Pesantren Ramadan Kiai Marogan Tingkatkan Kualitas Bacaan Alquran, Kedepankan 3T
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana pesantren ramadan yang diadakan Pesantren Kiai Marogan di Masjid Al-Kautasar Plaju. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna meningkatkan kualitas membaca Alquran bagi santri, Pondok Pesantren Tahfidz Kiai Marogan Palembang menggelar pesantren Ramadan yang akan berlangsung selama 20 hari di Masjid Al Kautsar Plaju.

Kegiatan Ramadan ini dijadwalkan mulai dilaksanakan pada 17 Mei hingga 5 Juni 2017 mendatang. Kegiatan pesantren ramadan ini juga mengkedepankan Tahsin, Tajwid, dan Tilawah (3T).

Ketua Panitia pesantren ramadan, Ustad Abdul Rahman mengatakan, Pesantren Ramadhan ini mengedepankan 3T (Tahsin, Tajwid dan Tilawah).

Dan juga sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran bagi santri, khususnya sisi makhorijul huruf, tajiwd dan tilawah (lagu murotal).

Baca: Puskesmas Muaraenim Temukan 68 Penderita TBC Paru

"Dengan program ini diharapkan timbul kesadaran dari diri masing-masing santri untuk terus menerus meraih yang terbaik di bulan yang paling baik yaitu bulan Ramadhan,” ujar Ustad Rahman, Jumat (18/5/2018).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 santri, dikatakannya, pihaknya juga menghadirkan Ustadz Hasby Ashidiqy, (yang menghafal dengan metode 7 irama Imam Masjidil Harom), Ustadz Zakaria Anshori Al Hafidz, S.Th.I (motivator Al-Quran), Ustadz H Ahmad Fauzan Yayan,SQ, Ustadz Imron Supriyadi,S,Ag, M.Hum, pengelola Rumah Tahfidz Rahmat Palembang dan dosen Jurnalistik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Baca: Tertidur Lelap, Wanita Cantik Ini Nyaris Jadi Korban Cabul Tetangga Sendiri

"Porgram ini juga untuk memaknai dari keutamaan Ramadhan. Sebab, sangat disayangkan bila Ramadan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shaleh," terangnya.

Ustadz Rahman menjelaskan, salah satu amalan yang sangat bagus dilakukan di bulan ramadhan adalah i’tikaf dan membaca Alquran.

Baca: 30 Mei 2018, Surat Suara Pemilihan Gubernur Sumsel Didistribusikan ke Seluruh Wilayah Sumsel

Program i'tikaf berjamaah di bulan penuh hikmah ini, merupakan ajakan kepada semua kaum muslimin untuk menggunakan kesempatan Ramadhan. Dengan beri’tikaf secara bersama-sama disuatu masjid disibukkan dengan mempelajari Alquran melalui metode 3T.

"Saya berharap kepada santri selama pesantren ramadhan akan ada peningkatan pemahaman, khususnya dalam lagu membaca Alquran (murotal) dan tajwid," ujarnya. 

Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help