Inspirasi

5 Cara Mencari Modal Usaha Secara Online dengan Aman

Berdasarkan survei yang dilakukan APJII pada 2017 lalu, diketahui sebanyak 143,26 juta penduduk di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi internet.

5 Cara Mencari Modal Usaha Secara Online dengan Aman
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2017 lalu, diketahui sebanyak 143,26 juta penduduk di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi internet.

Bahkan, sepanjang tahun kemarin, pertumbuhan penetrasi internet sudah mencapai 54 persen.

Berita Lainnya:
Jadi Pengusaha dengan Modal Terjangkau, Alfamart Hadirkan Toko Virtual Alfamind bagi Wong Kito

Hal itu menjadi salah satu pemicu menjamurnya layanan keuangan berbasis teknologi atau teknologi finansial (fintech) di Indonesia, terutama tekfin pinjam-meminjam. Tak dimungkiri, kesiapan infrastruktur juga mendorong tekfin untuk kian menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Ada banyak fintech pinjam-meminjam yang mendedikasikan diri untuk menyediakan akses permodalan bagi UKM, termasuk bisnis online yang pesat berkembang.

Baca juga: Tumbuh Pesat, 135 Perusahaan Fintech Kini Ada di Indonesia

Namun, sebelum menggunakan layanan tersebut, setiap pebisnis online kiranya perlu memerhatikan 5 hal penting di bawah ini.

1. Bunga
Biasanya, pebisnis online baru mencari modal saat sedang terpepet. Lalu, ketika sudah mendapatkannya, mereka lebih memikirkan bagaimana modal tersebut mampu mencakup kebutuhan bisnis mereka.

Sementara, bagaimana membayar cicilan pinjaman modal dan perhitungan bunganya seolah terabaikan. Tahu-tahu, setiap bulan mereka harus membayar biaya cicilan yang lebih besar. Barulah disadari, mereka terjebak bunga yang tinggi.

Padahal, jika dibandingkan dengan lembaga keuangan tradisional, bunga yang ditawarkan tekfin pinjam-meminjam cukup kompetitif.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help