Ramadan 2018

Tips Ampuh Yang Singkat Untuk Tidak Merokok Saat Sedang Puasa

Berikut beberapa tips, agar dapat membantu kamu menghilangkan keinginan kamu untuk merokok ketika sedang melaksanakan puasa.

Tips Ampuh Yang Singkat Untuk Tidak Merokok Saat Sedang Puasa
google
Ilustrasi tidak merokok 

SRIPOKU.COM - Ketika bulan Ramadan tiba, saatnya memperbaiki diri agar lebih baik lagi. Dari yang biasanya emosi, kini dapat belajar menahan emosi. Dari yang biasanya tak tahan godaan, maka di bulan Ramadan ini, dapat belajar untuk menahan godaan.

Begitu pula dengan makan dan minum. Kita sebagai umat Islam wajib menahan lapar dan haus dari Subuh hingga Magrib tiba.
Lalu bagaimana dengan orang yang merokok?

Bagi perokok, merokok merupakan ritual yang wajib di tiap harinya. Terlepas dari dampak negatifnya, kegiatan merokok dapat membatu menghilangkan penat, menambah fokus pekerjaan, bahkan mendatangkan ide/inspirasi bagi para penikmatnya.

Ilustrasi Rokok
Ilustrasi Rokok ()

Namun jika dihadapkan dengan bulan Ramadan tiap tahunnya, para perokok aktif dapat dipastikan memiliki ujian yang lebih yaitu menahan nafsu untuk merokok, lantas bagaimana cara untuk menjalani puasa di bulan Ramadhan dengan baik?

Berikut beberapa tips, agar dapat membantu kamu menghilangkan keinginan kamu untuk merokok ketika sedang melaksanakan puasa :

1. Persiapan mental dan niat

Setiap kegiatan yang akan kita lakukan harus didasari dengan niat yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Selain niat kita secara umum untuk berpuasa, harus dikhususkan juga dengan niat untuk menahan keinginan merokok pada waktu yang diwajibkan untuk berpuasa.

Mungkin pada hari-hari awal bulan Ramadan akan terasa sulit mengontrolnya karena telah terbiasa merokok, tapi seiring waktu dengan niat dan mental yang kuat pasti akan lebih mudah.

2. Merokok sesuai waktu

Ketika memasuki waktu sahur ada baiknya kita mendahulukan dengan minum air putih dan makan. Manfaat minum air putih ketika bangun tidur dan perut kosong sangat banyak untuk kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan makan sahur baru setelahnya jika belum masuk waktu imsak silakan diisi dengan merokok.

Halaman
12
Penulis: Shafira Rianiesti Noor
Editor: Shafira Rianiesti Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help