Ramadan 2018

Tak Hanya Saat Buka Puasa, Saat Sahur Pun Beberapa Buah Ini Bagus Dikonsumsi

Banyak orang akan menghindari buah saat sahur namun sebenarnya sebaiknya buah juga baik dikonsumsi saat sahur.

Tak Hanya Saat Buka Puasa, Saat Sahur Pun Beberapa Buah Ini Bagus Dikonsumsi
Ilustrasi

SRIPOKU.COM - Sudah sangat diketahui jika saat berpuasa kita hanya dapat makan dan minuman ketika Magrib hingga Subuh. Selebihnya kita diwajibkan berpuasa. Maka dari itu hendaklah kita mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan yang bisa membantu kita untuk mempertahankan puasa kita selama kurang lebih 12 jam.

Banyak orang akan menghindari konsumsi buah saat sahur karena takut rasa asam buahnya akan membuat perut jadi sakit. Jadi biasanya, buah ini hanya dikonsumsi saat berbuka. Namun sebenarnya sebaiknya buah juga baik dikonsumsi saat sahur.

Menurut salah satu web online, kandungan serat dan vitamin yang tinggi dari buah akan membantu memenuhi kebutuhan serat per hari, akibatnya perut akan terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat juga akan membantu Anda jadi lebih berenergi saat beraktivitas (tidak lemas) saat berpuasa.

Berikut beberapa buah yang baik dikonsumsi ketika puasa :

1. Kurma

Ilustrasi Kurma Sukari
Ilustrasi Kurma ()

Kurma sangat baik dikonsumsi pada bulan puasa, khususnya saat berbuka puasa. Buah ini kaya kandungan gula (glukosa dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang dari tubuh ketika berpuasa. 

2. Pepaya

Ilustrasi pepaya
Ilustrasi pepaya (Steth News)

Selain murah, pepaya juga menjadi buah yang sangat menyehatkan. Umumnya, pepaya matang menandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin.

Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas.

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling menonjol dalam pepaya. Satu potong pepaya ukuran 140 gram juga menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat.

Halaman
123
Penulis: Shafira Rianiesti Noor
Editor: Shafira Rianiesti Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help