Pertamina Akan Jual Kembali Premium di 1.926 SPBU

PT Pertamina (Persero) siap untuk kembali menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di 1.926 SPBU. Hal itu sesuai dengan keinginan pemerintah

Pertamina Akan Jual Kembali Premium di 1.926 SPBU
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - PT Pertamina (Persero) siap untuk kembali menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di 1.926 SPBU. Hal itu sesuai dengan keinginan pemerintah agar tak ada lagi kelangkaan Premium di tengah masyarakat.

Berita Lainnya:
Pertamina Sebut Premium Bahaya Bagi Mesin Kendaraan

"Kami akan sediakan kuota yang memang sudah disiapkan pemerintah. Ini sedang kita kejar dan bertahap dilakukan. Fokusnya adalah begitu orang cari Premium itu barangnya ada, makanya akan kita tingkatkan," jelas Direktur Supply Chain, Logistik, dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo, di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Adapun kini, 1.926 SPBU itu tercatat sudah tidak menjual Premium. Sebab, kata Gandhi, konsumen sudah beralih ke Pertalite, termasuk pengendara motor dan angkot.

"Memang sebenarnya sudah ada perubahan perilaku konsumen. Pengendara motor sudah pakai Pertalite, angkot juga sebagian sudah pakai itu. Karena apa? Mereka sadar mesinnya itu sudah harus pakai Pertalite," imbuh dia.

Gandhi menambahkan bahwa masyarakat sekarang juga sudah sadar kalau Pertalite kualitasnya lebih baik dan juga ramah lingkungan.

"Selama ini kalau ada SPBU yang tidak menjual Premium itu memang enggak ada konsumennya. Awal Pertalite muncul juga kita enggak menyangka bisa luar biasa seperti ini, tetapi kan pada akhirnya muncul kesadaran masyarakat," sambungnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan bahwa jumlah SPBU yang tidak menjual Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) meningkat signifikan selama periode Juni 2017 hingga Mei 2018.

Pada Juni 2017, cuma ada 800 dari 3.306 buah SPBU Pertamina di Jamali yang tidak menjual Premium.

Saat ini, sebanyak 1.926 dari 3.445 SPBU Pertamina diketahui hanya menjual BBM nonsubsidi seperti Pertalite dan Pertamax. Angka itu membuat hanya ada 44 persen SPBU Pertamina di Jamali yang masih menyediakan Premium.

Berkaitan dengan itu, pemerintah sedang dalam tahap merevisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, Pertamina yang membuat Pertamina hanya harus menyalurkan bensin jenis Premium di luar wilayah Jamali.

Aturan tersebut direvisi oleh pemerintah agar bisa menjaga ketersediaan Premium di tengah masyarakat yang sempat langka beberapa waktu lalu, utamanya di wilayah Jamali.

Penulis: Ridwan Aji Pitoko

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Pertamina Siap Kembali Jual Premium di 1.926 SPBU

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help