7 Tips Bagaimana Mengatasi Kantuk Saat Berpuasa

kurangnya asupan makanan, nutrisi dan cairan membuat tubuh Anda lemas. Lalu, apa yang harus dilakukan agar tidak mengantuk saat tengah berpuasa?

7 Tips Bagaimana Mengatasi Kantuk Saat Berpuasa
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM -  Menjelang tengah hari saat kita melaksanakan ibadah puasa, tentu banyak dari Anda yang merasakan datangnya kantuk.  Hal ini Wajar saja, sebab siklus makan dan tidur Anda berubah dari biasanya. Anda harus bangun dan makan lebih pagi dari biasanya, dan tidak meneruskan tidur lagi, melainkan langsung beraktivitas.

dilansir dari info sehat , Menurut suatu hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Sleep Research, berkurangnya waktu tidur dan aktivitas yang dimulai lebih awal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas Anda. Hasilnya? Pada siang dan sore hari, Anda menjadi gampang mengantuk. Ditambah lagi, kurangnya asupan makanan, nutrisi dan cairan membuat tubuh Anda lemas.  Lalu, apa yang harus dilakukan agar tidak mengantuk saat tengah berpuasa?

Berikut tips mengatasi kantuk saat berpuasa:
1. Atur pernapasan
Pertama, untuk mengatasi kantuk saat berpuasa dengan atur pernapasan Anda. Belajarlah untuk mengatur nafas Anda lebih baik saat sedang berpuasa. Bernafaslah secara perlahan, panjang, dan penuh. Hal ini akan membuat oksigen masuk secara optimal ke dalam sistem tubuh Anda. Ingat, semakin dangkal (pendek) nafas yang Anda ambil, maka akan semakin sedikit pula oksigen yang masuk ke dalam sel-sel tubuh, otak, dan jantung. Hasilnya, organ-organ tubuh Anda kesulitan dalam menjalankan fungsinya masing-masing, sehingga menyebabkan datangnya rasa lelah, lemas, dan kantuk. Karenanya, buatlah nafas Anda sinkron saat berkegiatan di tengah puasa.

2. Minum air putih
aat menjalankan sahur dini hari, minumlah air putih secukupnya, sekitar 3-4 gelas, dan jangan meminum kopi sebagai jalan untuk menghindari kantuk. Sejatinya, meminum cukup air sudah bagus untuk memenuhi asupan cairan tubuh yang dapat mengatasi kantuk saat berpuasa Anda.

3. Makan secukupnya
Saat sahur dan berbuka, kebanyakan dari Anda tentu kadang tidak bisa menahan keinginan untuk makan sebanyak mungkin. Awas! Kekenyangan saat sahur bisa membuat Anda mengantuk di pagi dan siang hari ketika berpuasa. Karenanya, kontrol makanan yang masuk dalam perut, baik kuantitas maupun jenisnya. Jangan memakan banyak makanan yang mengandung gula dan lemak. Jika dituruti, hal ini bisa mengatasi kantuk saat berpuasa.

4. Tidur sewajarnya
Selanjutnya, untuk mengatasi kantuk saat berpuasa adalah dengan tidur sewajarnya. Hal ini berarti, Anda tidak boleh tidur terlalu sedikit maupun terlalu banyak di malam sebelumnya. Khususnya jika saat berpuasa Anda harus bekerja, kuliah, atau sekolah, yang menuntut mata tetap terbuka. Tidurlah satu jam lebih awal dari biasanya, agar saat bangun sahur Anda tidak kekurangan tidur.

5. Banyaklah bergerak
Ketika kantuk menyerang Anda di siang hari, jangan duduk-duduk saja! Cara mengatasi kantuk saat berpuasa Anda dengan bangkitlah dari kursi, dan gerakkan badan Anda ke kanan dan kiri. Jika perlu, berjalanlah keliling ruangan sebanyak satu atau dua putaran. Dijamin, hal ini akan membuat mata Anda melek lagi.

6. Berolahraga ringan
Senada dengan cara sebelumnya, tips agar tidak mengantuk saat berpuasa yang satu ini juga menganjurkan Anda untuk banyak bergerak. Hanya saja, gerakan yang Anda harus lakukan adalah olahraga. Tenang, olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan, seperti gerakan tangan, kepala, dan kaki sederhana. Hal ini bisa membuat tubuh Anda kembali segar, lho!

7. Tidurlah sejenak
Terakhir, untuk mengatasi kantuk saat berpuasa dengan tidurlah sejenak. Jika sudah tak tertahankan, cara mengatasi kantuk saat berpuasa adalah dengan tidur siang sejenak. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi melakukan aktivitas. Tak perlu lama, cukup tidur selama 30 – 45 menit. Mudah, bukan? Jangan lupa pasang alarm, ya!

Penulis: Budi Darmawan
Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help