Berita Muaraenim

Tingkatkan SDM & Jiwa Wirausaha, Disperindag Muaraenim Gelar Pelatihan Handycraft untuk Pemuda

Guna meningkatkan SDM dan jiwa Wirausaha, Disperindag Muaraenim menggelar pelatihan Handycraft bagi pemuda-pemudi

Tingkatkan SDM & Jiwa Wirausaha, Disperindag Muaraenim Gelar Pelatihan Handycraft untuk Pemuda
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak para peserta antusias mengikuti pelatihan handycraft di Kantor Disperindag Muaraenim. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Guna meningkatkan SDM dan jiwa Wirausaha, Disperindag Muaraenim menggelar pelatihan Handycraft bagi pemuda-pemudi Kabupaten Muaraenim, Kamis (10/5/2018).

Bupati Muaraenim melalui Drs Azmirin Zubaidi SE Staf ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Azmirin mengatakan, di era globalisasi dampak persaingan diberbagai aspek kehidupan semakin tajam.

Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa berkualitas kelas dunia yang dapat bersaing dalam pasar global.

Demikian halnya perusahaan yang bergerak dibidang industri kerajinan tangan (handycraft) apabila ingin memiliki keunggulan dalam skala global, maka Pelaku Usaha lKM harus mampu melakukan setiap pekerjaan secara lebih baik dalam rangka menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang wajar dan bersaing.

"Kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengikuti pelatihan-pelatihan sehingga dapat bersaing untuk meningkatkan penghasilan dan kehidupan yang lebih Iayak," ujar Azmirin

Untuk itu, kata Azmirin, kepada para peserta untuk dapat mengembangkan inovasi produk industri kecil Handycraft dan pengembangan hasil pemasaran produk agar dapat diminati untuk masyarakat luas baik Iokal,

nasional bahkan internasional dan akan dapat membuka lapangan kerja baru, dapat memotivasi para IKM agar menjadi Pelaku Usaha yang tangguh dan sukses serta mempunyai daya saing yang tinggi di dalam dan luar negeri.

"Saya mengapresiasi sekali kegiatan pelatihan ini, mudah-mudahan kedepan dapat menumbuhkan iklim dan pengembangan usaha industri kecil yang lebih baik di Kabupaten Muaraenim, ujarnya.

Kadisperindag Muaraenim Syarfudin SSos Msi didampingi Kabid Perindustrian Amalia Purbasari SH menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi peserta pelaku usaha.

Peserta pelatihan teknis kerajinan Handycraft ini adalah untuk menumbuhkan perajin dan calon wirausaha baru di Kabupaten Muaraenim dan memfasilitasi Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Muaraenim.

Adapun peserta sebanyak 20 orang dari Kecamatan Ujan Mas, Lawang Kidul, dan Muaraenim.

"Pelatihan ini selama tiga hari, dengan bermacam-macam handycraft seperti membuat kotak tisu, tempat pena, asbak rokok, miniatur rumah, gazebo, mainan kunci dan lain-lain. Untuk bahan, materi dan instruktur semuanya disiapkan oleh Disperidag Muaraenim," tukasnya.

Baca: 212 Mart Tangsi Muaraenim dan 212 Mart Natafari Santuni Ratusan Anak Panti dan Dhuafa

Baca: Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muaraenim Gelar Rapat Bersama BPJS Kesehatan

Baca: Diikuti 20 Kecamatan, PKK Muaraenim Gelar Pameran & Lomba Memasak Berbahan Baku Ikan

Baca: Panwaslu Anggap Debat Publik Pilkada Muaraenim Dapat Penuhi Rasa Keadilan Bagi Paslon

Baca: Dinobatkan sebagai Gadis Muaraenim 2018, Ternyata Ini Cita-cita Shellah Oktafiana Agus

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved