Berita OKI

Pelayanan Publik di Wilayah Yang Luas, OKI Jadi Percontohan Kabupaten di Jawa

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sepertinya menjadi tempat favorit kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Pelayanan Publik di Wilayah Yang Luas, OKI Jadi Percontohan Kabupaten di Jawa
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Komisi A DPRD Kabupaten Kendal saat mengunjungi kabupaten OKI. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sepertinya menjadi tempat favorit kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beberapa kabupaten di Indonesia.

Setelah beberapa waktu yang lalu DPRD Kabupaten Salatiga, Rabu kemarin (9/5/2018) giliran rombongan dari Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah yang berkunjung ke Kabupaten tersebut.

Tujuannya pun hampir sama dengan kunjungan dari DPRD Kabupaten Salatiga, yaitu belajar dan berbagi, khususnya dalam hal pelayanan publik.

Dikatakan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, H Solahudin SH bahwa, kehadirannya bersama anggota komisi A lainnya adalah untuk bagaimana Kabupaten OKI memberikan pelayanan kepada rakyatnya.

Dengan wilayah yang begitu luas ini tentu ada beberapa hal yang dapat menyulitkan dalam memberikan pelayanan terhadap publik.

"Oleh karena itu kehadiran kami ini ingin belajar, berbagi bagaimana pelayanan publik di sini. Kabupaten OKI sebagaimana diketahui, memiliki wilayah yang begitu luas dan jarak antar kecamatan yang juga sangat jauh, bahkan kabarnya ada yang sampai 200 km," katanya.

Dari penjelasan Plt Bupati OKI, H M Rifa'i dan beberapa dinas, menurutnya ada beberapa hal yang dapat dibawa dan dikembangkan ke Kabupaten mereka. Salah satunya dalam hal E-government.

"Tanpa perencanaan dan koordinasi, ini akan sulit. Ini juga yang ingin kami pelajari, bagaimana saat ada pelimpahan wewenang seperti salah satunya perizinan bisa diterima dan dilepas dengan legowo," ujarnya.

Selain beberapa hal tadi, menurutnya, satu hal yang akan menjadi penunjang dalam pelayanan publik yang maksimal adalah SDM.

"Dengan kunjungan kerja ini diharapkan dapat saling berbagi bagaimana memaksimalkan SDM yang ada. Karena untuk hal seperti ini diperlukan SDM yang luar biasa," terangnya.

Plt Bupati OKI, H M Rifa'i SE menjelaskan, di Kabupaten OKI salah satu aspek yang dikembangkan dalam pelayanan publik adalah sektor E-government.

"Ini yang terus diusahakan dan dikembangkan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat," ungkapnya.

Pasalnya, dengan luas dan ragam masyarakat yang ada di OKI dengan adanya sistem seperti E-government tersebut dapat membantu setiap OPD hingga kecamatan dalam memberikan pelayanan terhadap publik.

Baca: Kukuhkan Bakohumas dan KIM Kabupaten OKI, Rifai Berharap Informasi Sampai ke Masyarakat

Baca: Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat dan Forum Kelompok Informasi Masyarakat OKI Dikukuhkan

Baca: Temukan Kejanggalan, Panitia Pusat Curigai Adanya Joki SBMPTN di Sumsel

Baca: SBMPTN Unsri Panitia Temukan 5 Nomor Peserta Yang Diduga Joki

Baca: Karena Judi Bola Domain Medium Diblokir, Kominfo Dapat Ucapan Ini

Penulis: Mat Bodok
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help