Berita Muaraenim

PT KAI Gelar Pengobatan Gratis Kereta Kesehatan di Muaraenim

Berupa periksa kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic dan pemberian kacamata gratis bagi 50 siswa SDN 01 Desa Cinta Kasih

PT KAI Gelar Pengobatan Gratis Kereta Kesehatan di Muaraenim
IST
Ilustrasi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan terutama yang tinggal di sepanjang lintas Kerata Api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang, kembali menggelar Bakti Sosial berupa periksa kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic dan pemberian kacamata gratis bagi 50 siswa SDN 01 Desa Cinta Kasih, di Stasiun Belimbing Pendopo, Kabupaten Muaraenim, Rabu (9/5/2018).

Manager Humas PT KAI (Persero) Divre III, Aida Suryanti, Rail Clinic yang ada di wilayah PT KAI (Persero) Divisi Regional III Palembang adalah Rail Clinic generasi kedua yang dimiliki PT KAI (Persero) dan merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, di mana masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

Baca: April Ini, Ada Tiket Promo PT KAI Mulai Rp 50.000

Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama.

Rail Clinic ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin.

Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan.

Baca: Gugat Cerai Sule, Siap-Siap Lina Kehilangan Penghasilan Rp 1 Miliar Hingga Barang Mewah Ini

Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi, dan ruang farmasi.

Dikatakan Aida, Rail Clinic generasi kedua ini sedikit berbeda dari Rail Clinic generasi pertama.

Perbedaan terdapat pada penambahan peralatan medis untuk pemeriksaan mata yang sudah menggunakan alat digital, sementara pada Rail Clinic generasi pertama masih menggunakan perlatan manual.

Baca: PT KAI Jual Tiket Tambahan untuk Lebaran 2018. Ayo Buruan di Sini Tempat Memesannya!

Dental unit pada Rail Clinic generasi kedua ini pun sudah dilengkapi TV monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi.

Selain itu, genset kereta pada Rail Clinic generasi kedua ini pun tidak sebising pada generasi sebelumnya sehingga tidak mengganggu pelayanan.

Dari segi desain interior, Rail Clinic generasi terbaru ini pun dibuat lebih minimalis sehingga ruangan terkesan lebih luas, ruang istirahat untuk petugas kesehatan dan kru KA pun dibuat lebih nyaman.

Baca: Hukum Ziarah Kubur Menjelang Puasa Ramadan, Adab dan Surat Apa Saja yang Dibaca

Lebih lanjut Aida mengatakan bahwa kereta seperti ini untuk kepentingan dinas khusus dalam bentuk pelayanan kesehatan, program ini sebagai langkah kepedulian kami kepada masyarakat di sepanjang jalur rel yang ada secara bergantian.

Ini merupakan salah satu bentuk lain program CSR di PT KAI, masyarakat dapat memanfaatkan Rail Clinic ini untuk memeriksa kesehatan secara gratis, diharapkan dengan kegiatan ini akan mempererat silahturahmi dengan masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dapat turut aktif menjaga asset dan keselamatan perjalanan kereta api.

Baca: Niat Puasa Senin-Kamis, Keutamaan dan Manfaatnya Bagi Wanita Sungguh Dahsyat Ini Buktinya

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help