Berita Muaraenim

Diikuti 20 Kecamatan, PKK Muaraenim Gelar Pameran & Lomba Memasak Berbahan Baku Ikan

Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Tingkat Kabupaten Muaraenim 2018, PKK Muaraenim menggelar pameran UP2K PKK,

Diikuti 20 Kecamatan, PKK Muaraenim Gelar Pameran & Lomba Memasak Berbahan Baku Ikan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Tingkat Kabupaten Muaraenim 2018, PKK Muaraenim menggelar pameran UP2K PKK, Lomba Menu 828A, Lomba Cipta Menu Serba Ikan dan Lomba Kuliner Tradisional di Plaza GOR Pancasila Muaraenim, Selasa (8/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM-- Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Tingkat Kabupaten Muaraenim 2018, PKK Muaraenim menggelar pameran UP2K PKK, Lomba Menu 828A, Lomba Cipta Menu Serba Ikan dan Lomba Kuliner Tradisional di Plaza GOR Pancasila Muaraenim, Selasa (8/5/2018).

"Pameran UP2K PKK ini menampilkan hasil karya lbu-lbu PKK Desa dalam Kabupaten Muaraenim, berupa Hasil kerajinan, makanan dan sayur yang dlbuat dan dibudidayakan oleh Kader PKK, yang dilkuti oleh 80 Desa," ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Tingkat Kabupaten Muaraenim 2018, Dra Hj Linda Hasanuddin.

Menurut Linda, tujuan pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK adalah untuk membina keluarga sejahtera dari hal terkecil dalam meningkatkan ketahanan keluarga sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa. Memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsi utamanya.

Untuk memasyarakatkan gerakan PKK, meningkatkan pemahaman masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Adapun bentuk kegiatannya, kata Linda, dalam bentuk Pameran UP2K PKK menampilkan hasil karya lbu-lbu PKK Desa dalam Kabupaten Muaraenim, berupa hasil kerajinan, Makanan dan Sayur, yang dibuat dan dibudidayakan oleh Kader PKK, yang dilkuti oleh 80 Desa. Lomba Cipta Menu Serba lkan untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku Ikan dan menyebarluaskan Informasi tentang olahan masakan berbahan baku ikan.

Baca:

Usai Perintahkan Semua Keluarganya Shalat Maghrib Jamaah Di Musala, Pria Ini Nekat Lakukan Ini

K-Park, Tempat Foto Selfie Baru di Fly Over Simpang Keramasan Palembang

Kandungan Gizi dan Manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi ikan.
Lomba Menu B2SA, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

Mendorong dan meningkatkan kreatifitas beragam, bergizi seimbang dan aman yang berbasis sumber daya lokal. Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri terbukti dengan adanya beragam olahan bahan Iokal non beras dan non terigu yang diadu dalam ajang lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Kegiatan ini diikuti oleh 20 Kecamatan dan lima Dharmawanita dalam Kabupaten Muaraenim.

"Lomba kuliner tradisional ini salah satu kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Nanti, diharapkan akan menambah daya tarik wisata dan melestarikan aneka ragam masakan tradisional serta membangun sikap cinta budaya terhadap kuliner Tradisional," ujarnya.

Selain itu, sambung Linda, juga dilaksanakan pemeriksaan Kesehatan dan KB Pemeriksaan terhadap penyakit tidak menular seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat, dan Pelayanan KB (lmplan, Suntikan, Pil).
Sementara itu Bupati Muaraenim melalui  Asisten Administrasi dan Umum (Asisten III) Drs H Ibrahim Ilyas.

Gerakan PKK telah banyak berperan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, hal ini dapat kita lihat dari kegiatan Tim Penggerak PKK di semua tingkatan yang selalu ambil bagian dalam program-program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan keluarga dengan bekerja sama dengan dinas instansi terkait, bersama-sama menggali dan mengembangkannya.

"Dalam lomba kuliner ini, lomba masakan tradisional harus terus dilestarikan," ujarnya.(*)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved